Kompas TV internasional kompas dunia

12 Ribu Pasien Covid-19 di Brazil Meninggal dalam 3 Hari, Bolsonaro Disebut Lakukan Genosida

Sabtu, 10 April 2021 | 20:01 WIB
12-ribu-pasien-covid-19-di-brazil-meninggal-dalam-3-hari-bolsonaro-disebut-lakukan-genosida
Presiden Brasil Jair Bolsonaro saat pertama kali terlihat memakai masker pada Rabu (10/3/2021). Ilmuwan, mantan presiden, hingga warga menyebut Bolsonaro bersalah atas angka kematian Covid-19 yang tinggi di negara itu. (Sumber: Associated Press)

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.TV - Mantan Presiden Brazil Dilma Rousseff menyebut cara pemerintahan Jair Bolsonaro saat ini menghadapi pandemi Covid-19 seperti melakukan genosida atau pembunuhan massal.

Melansir Guardian, kematian di Brazil karena Covid-19 mencetak rekor baru. Dalam tiga hari terakhir ada lebih dari 12 ribu pasien Corona meninggal dunia.

Hal ini membuat Rousseff gelisah. Ia menyebut, Brazil saat ini seperti tak memiliki pemerintahan.

Baca Juga: Penyintas Holocaust Sebut Donald Trump Mirip dengan Adolf Hitler

“Kami melihat 4.200 kematian per hari sekarang dan semuanya menunjukkan bahwa jika tidak ada perubahan, kami akan mencapai 5.000. Namun ada normalisasi yang benar-benar menjijikkan dari kenyataan yang sedang berlangsung ini,” ujar Rousseff terkait rekor kasus kematian Covid-19 pada Selasa (6/4/2021).

Rousseff dan banyak warga Brazil percaya, kebijakan Bolsonaro yang antisains dan menyebut Covid-19 sebagai “flu kecil” adalah penyebab bencana ini.

Presiden perempuan pertama di Brazil itu juga mengklaim Bolsonaro menyabotase usaha menekan penyebaran virus Corona dan vaksinasi. 

Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:02
KANTOR BUPATI BLITAR RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 YANG GUNCANG WILAYAH JAWA TIMUR SIANG INI   DAMPAK GEMPA DIRASAKAN HAMPIR DI SELURUH WILAYAH JAWA TIMUR HINGGA MATARAM, NUSA TENGGARA BARAT   BMKG SEBUT PUSAT GEMPA BERADA DI LAUT PADA JARAK 96 KM ARAH SELATAN KOTA MALANG DENGAN KEDALAMAN 25 KILOMETER   KEPALA BMKG STASIUN GEOFISIKA MALANG SEBUT GEMPA YANG DIRASAKAN WARGA MALANG BERMAGNITUDO 6,1   BMKG SEBELUMNYA MENYATAKAN GEMPA DI WILAYAH MALANG TERCATAT MEMILIKI KEKUATAN MAGNITUDO 6,7   SULTAN HB X MINTA WARGA LANSIA BERSEDIA DIVAKSIN AGAR PUNYA IMUNITAS DAN SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH   GUBERNUR YOGYAKARTA SULTAN HAMENGKU BUWONO X JALANI SUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS KEDUA HARI INI   PELABUHAN MERAK TETAP AKAN BEROPERASI LAYANI PENYEBERANGAN BARANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK DITERAPKAN   PELABUHAN MERAK TAK AKAN LAYANI PENYEBERANGAN UNTUK ORANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK PADA 6-17 MEI DIBERLAKUKAN   POLDA METRO JAYA SEBUT AKAN ADA 20 PERSONEL TAMBAHAN YANG DIKERAHKAN UNTUK MENJAGA JALUR TIKUS KE LUAR JAKARTA   TERAPKAN LARANGAN MUDIK, POLDA METRO JAYA AKAN SIAPKAN 380 PERSONEL UNTUK MENJAGA 8 JALUR UTAMA   ANTISIPASI WARGA MUDIK, POLDA METRO JAYA BERLAKUKAN 8 TITIK PENYEKATAN JALUR UTAMA   BMKG SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 DI MALANG TERASA HINGGA KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN BANTUL   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 GUNCANG MALANG, JATIM, PADA SABTU SIANG PUKUL 14.00 WIB TAK BERPOTENSI TSUNAMI