Kompas TV internasional kompas dunia

Astronot Perempuan Pertama Uni Emirat Arab Itu Bernama Nora al-Matrooshi

Sabtu, 10 April 2021 | 19:09 WIB
astronot-perempuan-pertama-uni-emirat-arab-itu-bernama-nora-al-matrooshi
Nora Al Matrooshi dan Mohammad Al Mulla. Nora di sebelah kanan, adalah astronot Uni Emirat Arab pertama dari emirat di Timur Tengah itu (Sumber: MBRSC.AE)

DUBAI KOMPAS.TV - Uni Emirat Arab menunjuk dua astronot dalam program luar angkasa Sabtu, (10/4/2021) salah satunya adalah astronot wanita pertama negara itu, seperti dilansir Associated Press, Sabtu (10/4/2021).

Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum mengumumkan nama kedua astronot tersebut di Twitter. Dia adalah penguasa Dubai yang juga menjabat sebagai perdana menteri dan wakil presiden negara yang diperintah secara otokratis.

Perempuan astronot pertama Uni Emirat Arab itu adalah Noura al-Matrooshi, yang dipilih setelah melewati seleksi super ketat.

Pengumuman itu tidak memberikan informasi biografi tentang dia atau rekan prianya, Mohammed al-Mulla.

Keduanya telah dipilih di antara lebih dari 4.000 pelamar di UEA. Keduanya akan menjalani pelatihan di Johnson Space Center NASA di Houston, Texas.

Baca Juga: Bersejarah! Wahana Luar Angkasa Arab Pertama Berhasil Memasuki Orbit Planet Mars

Ilustrasi 1 Juni 2020 yang disediakan oleh Mohammed Bin Rashid Space Center ini menggambarkan wahana luar angkasa Amal milik Uni Emirat Arab. (Sumber: Alexander McNabb/MBRSC)

Pada 2019, Mayor Hazzaa al-Mansoori menjadi astronot pertama UEA di luar angkasa, menghabiskan delapan hari menjalankan misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:47
PERDANA MENTERI BENJAMIN NETANYAHU MENYATAKAN ISRAEL AKAN TINGKATKAN SERANGAN KE JALUR GAZA, HAMAS   MUI MEMPERSILAKAN WILAYAH ZONA HIJAU COVID-19 MELAKSANAKAN SHALAT IDUL FITRI DI MASJID ATAU MUSHALA   JELANG LEBARAN, PERTAMINA TAMBAH 3 JUTA TABUNG ELPIJI 3 KG DI SULAWESI   PT ANGKASA PURA: LARANGAN MUDIK MENYEBABKAN JUMLAH PENUMPANG BANDARA DJUANDA TURUN DRASTIS DUA HARI JELANG LEBARAN   JUMLAH MAHASISWA MMTC YOGYAKARTA YANG DINYATAKAN POSITIF COVID-19 BERTAMBAH MENJADI 18 ORANG    KEMNAKER MENCATAT ADA 1.586 PENGADUAN THR SEJAK 20 APRIL HINGGA 10 MEI 2021    SATLANTAS POLRES METRO TANGERANG KOTA MENYEKAT 164 KENDARAAN PADA HARI KEENAM LARANGAN MUDIK LEBARAN    SATGAS COVID-19 INGATKAN MASYARAKAT TAK GELAR “OPEN HOUSE” ATAU HALALBIHALAL DI LINGKUNGAN KANTOR   BAZNAS KOTA TANGERANG TELAH MENERIMA ZAKAT FITRAH SEBANYAK RP 1,3 MILIAR    WALI KOTA TANGERANG ARIEF WISMANSYAH MENYATAKAN TPU SELAPAJANG AKAN DITUTUP MULAI 12-16 MEI 2021   KEMENHUB: PEMUDIK YANG MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR PALING BANYAK KELUAR DARI TITIK PENYEKATAN    KEMENHUB: JELANG IDUL FITRI, LEBIH DARI 138.000 MOBIL DAN MOTOR TINGGALKAN JAKARTA    GUBERNUR DKI SEBUT KEPALA DAERAH KAWASAN AGLOMERASI JABODETABEK DAN CIANJUR SEPAKAT ANJURKAN SHALAT ID DI RUMAH   MAKSIMALKAN PENJAGAAN SELAMA 24 JAM, 260 PETUGAS DISIAGAKAN DI TITIK PENYEKATAN KEDUNGWARINGIN, BEKASI