Kompas TV bisnis kebijakan

Juni 2021, Dana Pengadaan Lahan Proyek Strategis Nasional Tahap Dua Cair

Kompas.tv - 10 April 2021, 18:48 WIB
juni-2021-dana-pengadaan-lahan-proyek-strategis-nasional-tahap-dua-cair
Ilustrasi Jalan Tol (Sumber: Waskita Karya)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Proyek Strategis Nasional (PSN) Tahun Anggaran (TA) 2021 tahap kedua akan mendapat kucuran dana untuk pengadaan lahan sebesar Rp5,56 triliun yang cair pada Juni 2021.

Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi mengatakan, dana pengadaan lahan PSN tahap kedua ini mengacu pada Rencana Penarikan Dana dan Perkiraan Penerimaan pada dokumen Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Bendahara Umum Negara (BUN) TA 2021.

Baca Juga: Penampakan Tugu Sepeda yang Masih dalam Proses Pembangunan

"Alokasi dana pengadaan lahan PSN tersebut diberikan menyusul pencairan alokasi anggaran Bagian Anggaran BUN 999.03 Kementerian Keuangan kepada LMAN," ujar Basuki, seperti yang dikutip dari Kompas.com, Sabtu (10/4/2021).

Basuki menjelaskan, pencairan alokasi dana pengadaan lahan PSN TA 2021 akan dilaksanakan secara dua tahapan.

Tahap pertama, anggaran sebesar Rp 5,56 triliun telah dicairkan pada 31 Maret 2021 berdasarkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran BUN TA 2021.

Besaran nilai itu merupakan 50 persen dari total alokasi anggaran yang telah ditetapkan yaitu senilai Rp11,12 triliun.

Baca Juga: Jokowi Pastikan Pembangunan Rumah Warga Terdampak Bencana NTT akan Dilakukan Secepatnya

Rinciannya, dana tersebut terdiri dari alokasi PSN sektor jalan tol sebesar Rp5,93 triliun dan dan Sumber Daya Air (SDA) sebesar Rp 5,19 triliun.

Pencairan tersebut merupakan bentuk dari percepatan alokasi pengadaan lahan PSN pada LMAN, yang mana pada tahun-tahun sebelumnya biasanya terjadi di akhir tahun berjalan.

Sedangkan untuk TA 2021 terjadi pada Kuartal I tahun berjalan. Basuki meminta agar nilai total pencairan itu ditetapkan sebagai daftar PSN yang mendapat skala prioritas agar bisa ditindaklanjuti dengan penetapan Project List Tahunan LMAN.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.