Kompas TV regional berita daerah

Ketika Sistem Pembayaran Digital Merambah Pasar Terapung Tradisional

Kompas.tv - 10 April 2021, 09:01 WIB
ketika-sistem-pembayaran-digital-merambah-pasar-terapung-tradisional
Bank Indonesia Kalsel Canangkan Pembayaran Digital untuk Pasar Terapung (Sumber: Humas BI Kalsel)

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Tanpa henti, Bank Indonesia terus mengembangkan penggunaan sistem pembayaran digital, Quick Response Indonesian Standard (QRis). 

Kali ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan kembali mendorong penggunaan pembayaran sistem digital kepada pedagang Pasar Terapung Lokbaintan dan Banjarmasin.

Baca Juga: Mencoba Potensi Bisnis Olahan Es Teh di Banjarmasin yang Masih Minim Pesaing

Ditandai dengan peresmian digitalisasi pembayaran pada pedagang yang ditangkap Webinar Wisata Susu Sungai di Provinsi Kalsel, jumat pagi (9/4/2021).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Amanlison Sembiring, menyebut pandemi covid-19 menjadi latar belakang kegiatan sebab telah berdampak ke banyak sektor termasuk pariwisata.

Bank Indonesia pun bekerjasama dengan BTN dan LinkAja, serta Dinas Pariwisata Kalsel-Banjar dan Banjarmasin dalam upaya mendorong inklusi keuangan dan penerimaan pembayaran digital khususnya kepada 150 acil jukung.

"Melalui pemanfaatan kanal digital, diharapkan dapat membantu masyarakat termasuk 'acil-acil' jukung, bagi yang belum familiar," ucap Amanlison Sembiring.

Melalui digitalisasi pembayaran dengan QRis, diharapkan akan memberi kemudahan transaksi yang sekaligus mendukung protokol kesehatan. 

Sebab jika sebelumnya jual beli menggunakan uang fisik, kini para pedagang tradisional yang biasa menjajakan dagangan di atas perahu tersebut dapat memanfaatkan pembayaran 'cashless' hanya dengan scan barcode.

"Masih terdapat potensi cukup besar untuk wilayah Kalimantan Selatan, tidak hanya pariwisata tapi sektor perekonomian lainnya," ucap Amanlison Sembiring.

"Berdasarkan data terakhir, jumlah merchant QRis di Kalimantan Selatan hingga maret 2021 mencapai 71.774 atau meningkat 23% year to date," tambahnya. 

Baca Juga: Peluang Kembali Dibukanya Pariwisata Kota Banjarbaru Bergantung Pada Disiplin dan Kesadaran Prokes

Lebih lanjut, Amanlison Sembiring, menyebut kolaborasi dan sinergi yang dilakukan menjadi langkah mewujudkan  capaian 12 juta merchant QRis pada tahun 2021 dan mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) sekaligus rangkaian Festival Ekonomi Keuangan Digital.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x