Kompas TV internasional kompas dunia

Rapper-Aktor Legendaris DMX meninggal pada usia 50 tahun

Kompas.tv - 10 April 2021, 03:15 WIB
rapper-aktor-legendaris-dmx-meninggal-pada-usia-50-tahun
DMX tampil di BET Hip Hop Awards di Atlanta pada 1 Oktober 2011 (Sumber: AP Photo/David Goldman, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo

NEW YORK, KOMPAS.TV - DMX, artis hip-hop bersuara serak yang memproduseri lagu "Ruff Ryders 'Anthem" dan "Party Up (Up in Here)" dan yang nge-rap dengan penyampaian khas yang sering dipasangkan dengan growl , gonggongan dan "Apa!" sebagai ad-lib, meninggal dunia, menurut keterangan pada Jumat (9/4/2021) dari keluarganya, usianya 50 tahun.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (9/4/2021) artis peraih nominasi Grammy itu meninggal setelah menderita "serangan jantung katastropik", demikian pernyataan dari rumah sakit di White Plains, New York, tempat ia meninggal. Dia dilarikan ke sana dari rumahnya pada 2 April.

Pernyataan keluarganya mengatakan DMX, yang bernama lahir Earl Simmons, meninggal dengan kerabat di sisinya setelah beberapa hari bertahan hidup dengan bantuan alat penunjang.

“Earl adalah seorang pejuang yang berjuang sampai akhir. Dia mencintai keluarganya dengan sepenuh hati, dan kami menghargai waktu yang kami habiskan bersamanya," kata keluarga itu, menambahkan musiknya "menginspirasi banyak penggemar di seluruh dunia, dan warisan ikoniknya akan hidup selamanya."

Rencana pemakaman belum ditetapkan.

Baca Juga: Rapper Legendaris DMX Kritis, Pengacara Sebut Kena Serangan Jantung

DMX di acara Penghargaan VH1 tahun 2009 di Brooklyn Academy of Music, New York (Sumber: AP Photo/Peter Kramer)

DMX membangun karir multiplatinum sebagai salah satu bintang rap terbesar di akhir 1990-an dan awal 2000-an, tetapi dia juga berjuang dengan kecanduan narkoba dan masalah hukum yang berulang kali menempatkannya di balik jeruji besi.

Label rekamannya, Def Jam Recordings, menyebutnya sebagai "artis yang brilian dan inspirasi bagi jutaan orang di seluruh dunia.

"Pesannya tentang kemenangan atas perjuangan, pencariannya akan terang yang keluar dari kegelapan, pencariannya akan kebenaran dan rahmat, membawa kita lebih dekat ke kemanusiaan kita sendiri," kata label itu dalam sebuah pernyataan yang menggambarkannya sebagai "tidak kurang dari raksasa."

Dia membuat entri spektakuler pada tahun 1998 dengan album studio pertamanya, "It’s Dark and Hell is Hot," yang memulai debutnya di No. 1 di tangga album Billboard 200. Album dengan penjualan multiplatinum itu menghasilkan beberapa hit termasuk "Ruff Ryders 'Anthem," "Get At Me Dog," "Stop Being Greedy", dan "How It’s Goin’ Down. ”

DMX menindaklanjuti dengan empat album langsung memuncaki tangga lagu termasuk "... And Then There Was X," "Flesh of My Flesh, Blood of My Blood," "The Great Depression", dan "Grand Champ." Dia merilis tujuh album, mendapatkan tiga nominasi Grammy dan dinobatkan sebagai artis rap/hip-hop favorit di American Music Awards 2000.

Baca Juga: Rapper Lil Uzi Vert Tindik Dahinya Pakai Berlian, Lil Uzi: Cantik Itu Luka

Rapper Lil Uzi Vert. (Sumber: Hypebeast)


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.