Kompas TV internasional kompas dunia

Kisah Cinta Penuh Drama Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip

Kompas.tv - 9 April 2021, 23:51 WIB
kisah-cinta-penuh-drama-ratu-elizabeth-ii-dan-pangeran-philip
Pangeran Philip saat menikah dengan Putri Elizabeth, beberapa tahun sebelum menjadi Ratu Inggris (Sumber: BBC)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV - Ratu Elizabeth II, yang sudah menjadi ratu terlama di Inggris, melewati tonggak sejarah baru pada tahun 2017 ketika ia dan Pangeran Philip menjadi pasangan menikah terlama di keluarga kerajaan negara itu.

Seperti dilansir dari New York Times, Jumat (9/4/2021), di mana dan kapan mereka pertama kali bertemu tetap menjadi misteri. Pangeran Philip pernah diundang untuk makan di kapal pesiar kerajaan ketika Elizabeth berusia 13 atau 14 tahun.

Pangeran Philip juga diundang untuk mampir menginap di Kastil Windsor sekitar waktu itu ketika sedang cuti dari Angkatan Laut, dan ada laporan bahwa dia mengunjungi keluarga kerajaan di Balmoral, sebuah pedesaan di Skotlandia.

Setelah akhir pekan itu, Puteri Elizabeth, saat itu, memberi tahu ayahnya, Raja George VI, "Perwira angkatan laut itu adalah satu-satunya lelaki yang dapat saya cintai."

Ayahnya, Raja George VI dengan bijak pada awalnya memperingatkan Puteri Elizabeth untuk bersabar.

Baca Juga: Hari-Hari Terakhir Pangeran Philip: Dirawat di RS saat Wawancara Meghan-Harry dengan Oprah Mencuat


Saat melakukan kunjungan kerajaan ke Afrika Selatan, Elizabeth syahdan saling menulis surat cinta dengan Philip bahkan sampai tiga kali seminggu.

Pada saat Elizabeth kembali ke Inggris, Pangeran Philip dari Yunani dan Denmark melepaskan gelar asalnya dan menjadi Letnan Philip Mountbatten, seorang warga negara Inggris.

Pertunangan antara keduanya itu diumumkan pada 10 Juli 1947. Tahun itu, pada malam pernikahan, Letnan Mountbatten diangkat menjadi Adipati Edinburgh bergelar Duke, Earl of Merioneth, Baron dari Greenwich, dan diberi gelar Yang Mulia.

Pangeran Philip saat itu berusia 26 tahun, menikahi putri mahkota muda, Elizabeth, yang berusia 21 tahun, pada 20 November 1947. Dalam sebuah upacara kerajaan lengkap dengan kereta kuda kerajaan, rakyat Inggris memenuhi jalanan seantero London di rute antara Istana Buckingham dan Westminster Abbey, memuja yang pasangan baru kerajaan Inggris.  

Kelahiran anak pertama mereka, Charles Philip Arthur George, pada 14 November 1948 di Istana Buckingham, diikuti oleh Putri Anne, lahir tahun 1950, kemudian Pangeran Andrew yang lahir tahun 1960, setelah Elizabeth menjadi ratu; dan Pangeran Edward, pada tahun 1964.

Baca Juga: Kisah Jatuh Bangun Kehidupan Pangeran Philip Mendampingi Ratu Inggris Elizabeth II


Selain meninggalkan Ratu dan anak-anaknya, Pangeran Philip meninggalkan delapan cucu dan delapan cicit.

Melihat ke belakang, tulis Washington Post, Jumat (9/4/2021), kisah cinta mereka sungguh penuh nuansa kerajaan, namun kerap tidak masuk imajinasi siapapun yang membayangkan pernikahan seorang ratu dan pangeran.

Elizabeth adalah putri Raja Inggris George VI, sementara Philip hanyalah keponakan dari raja Yunani yang digulingkan.

Keluarga Elizabeth memiliki kastil yang megah, sementara keluarga Philip tinggal di pengasingan. Ayah Elizabeth membantu Inggris melawan Jerman dalam Perang Dunia II, sementara sepupu perempuan Philip memiliki koneksi dengan partai Nazi.

Tetapi ketika mereka berjalan keluar dari Westminster Abbey pada tahun 1947 sebagai suami dan istri, Putri Elizabeth II dan Pangeran Philip, mereka memulai kisah cinta yang akan tercatat berabad-abad.

Baca Juga: Ratu Elizabeth Akhirnya Tanggapi Pengakuan Meghan Markle tentang Keluarga Kerajaan

Pangeran Philip dan istrinya Ratu Inggris Elizabeth II. (Sumber: BBC)

Meskipun acara Netflix populer "The Crown", menggambarkan Pangeran Philip tidak bahagia di masa-masa awal itu, kenyataannya adalah Pangeran Philip mengambil peran yang juara untuk istrinya.

Menurut buku penulis biografi kerajaan Ingrid Seward tahun 2018 tentang pernikahan mereka, Pangeran Philip menjadi ibu dan ayah sekaligus bagi anak-anak mereka, sehingga membuat Ratu Elizabeth II mampu menjalankan posisinya.

"Bahkan setelah tujuh dekade," tulis Seward. "Wajah Ratu bersinar dan berbinar ketika melihat Philip di dalam ruangan."

Pertama Kali Bertemu pada Tahun 1939

Elizabeth berusia 13 tahun, puteri raja yang sopan dan santun. Sementara Philip saat itu berusia 18 tahun dan bengal, seorang kadet yang gagah di Akademi Angkatan Laut Inggris, Britannia Royal Naval College.

Saat itu Eropa tinggal beberapa bulan lagi sebelum disantap oleh kejamnya Perang Dunia II.

Baca Juga: Ucapan Duka Cita Wafatnya Pangeran Philip dari Pemimpin Dunia

Dalam foto yang dirilis pada Kamis 19 November 2020 ini, Ratu Inggris Elizabeth II dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh melihat kartu ulang tahun pernikahan yang dikirimkan dan dibuat oleh cicit mereka, Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis, anak dari Pangeran William dan Catherine, Duchess of Cambridge. (Sumber: Chris Jackson via AP)
Halaman :


TAG : Pangeran PhilipRatu Elizabeth IIKerajaan InggrisPercintaan

Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x