Kompas TV olahraga kompas sport

Pangeran Philip dan Kedekatannya dengan Dunia Olahraga

Kompas.tv - 9 April 2021, 20:41 WIB
pangeran-philip-dan-kedekatannya-dengan-dunia-olahraga
Pangeran Philip muda sedang berlatih kriket pada tahun 1947. (Sumber: BBC)
Penulis : Rizky L Pratama

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pangeran Philip, Duke of Edinburgh meninggal dunia hari ini Jumat (9/4/2021) pada usia 99 tahun. Semasa hidupnya, Pangeran Philip diketahui cukup dekat dengan dunia olahraga sebagai peserta mau pun penonton.

Melansir dari BBC, saat masih bertugas di Angkatan Laut Kerajaan pada tahun 1947, Pangeran Philip muda menyukai olahraga kriket. Dia diketahui sering berlatih kriket pada waktu itu.

Tak hanya kriket, Pangeran Philip juga menyukai olahraga polo dan menjadi salah satu pemain top di Britania Raya pada tahun 1950.

Pangeran Philip (dua dari kanan) setelah melakukan pertandingan polo pada tahun 1950. (Sumber: BBC)

Sebagai informasi, polo adalah olahraga beregu yang dimainkan di atas kuda dengan tujuan untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Baca Juga: Pangeran Philip Meninggal Dunia, Klub-Klub Liga Inggris Ucapkan Bela Sungkawa

Selain aktif sebagai olahragawan, Pangeran Philip juga sering datang di berbagai acara olahraga yang digelar di Britania Raya.

Di tahun 1957, Pangeran Philip menghadiri turnamen tenis Wimbledon untuk mempersembahkan trofi kepada Lew Hoad setelah kemenangannya atas sesama petenis Australia Ashley Cooper.

Pada Piala Dunia 1966 ketika Inggris berhasil menjadi juara dunia, Pangeran Philip ikut mendampingi sang Ratu saat menyerahkan Trofi Jules Rimet kepada legenda sepak bola Inggris, Bobby Moore.

Pangeran Philip mendampingi Ratu Elizabeth II saat menyerah Trofi Jules Rimet usai timnas Inggris menjadi juara Piala Dunia 1966. (Sumber: BBC)

Di milenium baru, Pangeran Philip juga masih sering terlibat di berbagai acara olahraga meski usianya tidak muda lagi.

Baca Juga: Hari-Hari Terakhir Pangeran Philip: Dirawat di RS saat Wawancara Meghan-Harry dengan Oprah Mencuat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x