Kompas TV advertorial

Lampaui Target Lelang Buku, Kemenhub Gelar Donasi 2 Juta Masker bagi Insan Transportasi

Kompas.tv - 9 April 2021, 19:38 WIB
lampaui-target-lelang-buku-kemenhub-gelar-donasi-2-juta-masker-bagi-insan-transportasi
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI bersama KompasTV menggelar “Seremonial Penyerahan Donasi 2 Juta Masker untuk Insan Transportasi” di Ruang Mataram Gedung Kemenhub, Kamis (8/4/2021). (Sumber: KompasTV)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI bersama KompasTV menggelar “Seremonial Penyerahan Donasi 2 Juta Masker untuk Insan Transportasi” yang diperoleh dari hasil keberhasilan program penggalangan dana lelang buku “Membangun Transportasi Merajut Negeri”.

Acara ini merupakan kegiatan lanjutan dari lelang buku yang telah berjalan sejak 6 Oktober 2020. Hasil terkumpul dari lelang buku ini digunakan sebagai donasi bagi para penerima manfaat, yakni insan transportasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku terkejut atas keberhasilan program yang bahkan melebihi ekspektasi. Padahal, menurut Budi, buku tersebut disiapkan dalam waktu sempit, yakni 2 bulan.

“Saya dan Pak Andy speechless, waktu itu saya dan Mbak Andita, panitianya, cita-cita 1 juta saja rasanya nggak tercapai. Tapi kemarin alhamdulillah dapat dua juga. Saya sampai merinding bagaimana niat kita mendapatkan masker ini sangat bermanfaat untuk masyarakat,” kata Budi Karya.

“Kalau kita ke daerah, mereka mungkin satu masker dipakai sebulan. Dengan dua juta ini, saya pikir luar biasa, terima kasih Kompas Gramedia yang memfasilitasi.”

Baca Juga: Anies Baswedan Imbau Masyarakat yang Tarawih di Masjid Jaga Jarak dan Pakai Masker

Satu hal yang menarik dari buku “Membangun Transportasi Merajut Negeri” adalah pembuatannya yang melibatkan fotografer dan tim internal Kemenhub. Melalui buku ini pula, Kemenhub ingin mengabadikan bahwa apa yang dikerjakan insan transportasi merupakan tugas Presiden yang deliver.

Lanjutnya, “ini adalah satu tugas dari Presiden, bahwa kita harus membangun tapi harus deliver. Beberapa deliver, beberapa belum, tapi saya pikir manusiawi dan kita harus berusaha untuk melakukan kebaikan-kebaikan.”

CEO KG Media, Andy Budiman mengaku senang dapat mendukung inisiatif Kemenhub dalam rangkaian kegiatan. Tak hanya bisa memberikan masker kepada insan transportasi, hasil dari acara ini juga bisa menyalurkan 10 ribu paket sembako yang dibantu oleh Lazis NU dan Muhammadyah.

“Pada awalnya, pihak Kemenhub menargetkan 1 juta masker dapat dibeli dari dana yang terkumpul, namun pada akhirnya kita berhasil membeli 2 juta masker sekaligus 10 ribu paket sembako yang akan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak pandemi,” ujar Andy. 

“Kita bersyukur roda-roda ekonomi Indonesia telah bergerak cepat sejalan dengan program vaksinasi. Namun kita tetap perlu menjaga diri kita sendiri, orang lain, dan negeri ini dengan menerapkan 3M. Kami berharap penyaluran 2 juta masker bisa membantu insan perhubungan untuk menjaga diri mereka dan diri orang lain.”

Baca Juga: Zona Merah, Satgas Covid-19 Gencarkan Bagi Masker Gratis

Selain Kompas dan Pejabat Tinggi Madya Kemenhub, Hadir pula Lazis Muhammadyah, Lazis NU, gerakan Yuk Selamat Bersama dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi, dan seluruh donatur yang terhubung dalam aplikasi Zoom.

Ucapan terima kasih juga diberikan Menhub Budi Karya kepada seluruh partisipan yang telah membantu selama kegiatan, khususnya para penyumbang.

“Terima kasih khususnya kepada penyumbang. Dapat Rp 5 miliar itu nggak mudah, dan saat ini teman-teman Perhubungan dan relasi memberikan uang itu dengan sukarela. Saya atas nama pribadi dan atas nama Menteri mengucapkan terima kasih,” tutupnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x