Kompas TV regional berita daerah

Budidaya Bonsai di Lahan Sempit, Untungnya Selangit

Kompas.tv - 9 April 2021, 17:47 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BLITAR, KOMPAS.TV - Berawal dari hobi, seorang karyawan di Kabupaten Blitar Jawa Timur sukses membudidayakan bonsai di halaman rumahnya. Memanfaatkan lahan sempit yang ada, ia kini mampu meraup keuntungan jutaan rupiah.

Puluhan pohon bonsai berjajar cantik di halaman rumah mungil milik Andri Eko, yang berada di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar.

Ide budidaya bonsai muncul setelah pria berusia 31 tahun itu melihat halaman rumahnya gersang. Ia kemudian mencari berbagai referensi tanaman, yang cocok untuk menghiasi rumahnya.

Awalnya ia hanya memanfaatkan pohon beringin yang ada di pinggir jalan raya untuk dikerdilkan. Andri terus merawat pohon itu hingga akhirnya ia berhasil membentuk pohon beringin itu menjadi bonsai nan cantik.

Dari situlah, ia terus mengembangkan budidaya bonsai beringin hingga sekarang. Kini ada 70 lebih pohon bonsai dengan berbagai jenis. Selain menghias halaman, pohon bonsai itu juga dijadikan ajang bisnis.

Pendapatan jutaan rupiah pun didapatkan dari budidaya bonsai setiap bulannya. Andri pun bersyukur karena usaha budidaya bonsai memberikan penghasilan di masa pandemi covid-19.

Andri menjual pohon bonsainya mulai dari 50 ribu hingga 2 juta rupiah. Semua tergantung ukuran dan kerumitan pembentukan bonsai.

#Bonsai #BudidayaBonsai #Hobi #BisnisBonsai



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x