Kompas TV nasional budaya

Ingin Ikutan Kemah Budaya Kaum Muda 2021 Berhadiah Rp700 Juta? Simak Caranya di Sini!

Jumat, 9 April 2021 | 18:34 WIB
ingin-ikutan-kemah-budaya-kaum-muda-2021-berhadiah-rp700-juta-simak-caranya-di-sini
Potret Kemah Budaya Kaum Muda 2019 di Candi Prambanan (Sumber: Website KBKM 2021)

SOLO, KOMPAS.TV - Fenomena anak muda meninggalkan desa rasanya sudah lumrah terjadi di mana-mana. Salah satu alasannya bisa jadi karena desa tidak bisa mewadahi ide inovasi anak muda. Benarkah demikian?

Kini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan serta Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia, mengadakan Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) 2021 dengan nuansa yang berbeda.

Dikutip dari website resmi KBKM 2021, kbkm.kebudayaan.id, pelaksanaan di tahun ini fokusnya bergeser ke arah desa. Sebelumnya, fokus kegiatan ini ada pada ranah kaum muda dalam pemajuan kebudayaan secara umum.

Melalui KBKM, pemerintah ingin menjaring inisiatif menarik tentang desa. Terutama inisiatif yang betul-betul menerapkan STEAM, yaitu Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics.

Baca Juga: Desa di India Ini Punya Ritual Aneh untuk Menghidupkan Kembali Orang yang Mati

Mengapa perlu ikut KBKM 2021?

Melalui kegiatan ini, anak muda bisa menuangkan karya gagasannya untuk pemajuan kebudayaan berbasis interaksi kreatif di desa. Selain tentu bisa mendapat pandangan baru tentang inovasi dari peserta lain yang mengikutinya.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:56
ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19, SATGAS BEKASI TAMBAH 250 UNIT KAMAR ISOLASI TERPUSAT   KEMENTERIAN PPPA: INDONESIA MASUK KE DALAM DAFTAR 10 NEGARA DENGAN ANGKA PERKAWINAN ANAK TERTINGGI DI DUNIA   KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKOT TANGERANG BATASI HAJATAN HINGGA JAM OPERASIONAL RESTORAN   MENKO DAN UKM TETEN MASDUKI: PEMBIAYAAN KREDIT PERBANKAN UMKM DI INDONESIA BARU MENCAPAI 19,97 PERSEN   MENPERIN: PEMERINTAH AKAN PERPANJANG "SAFEGUARD" UBIN KERAMIK YANG MASA BERLAKUNYA AKAN SELESAI OKTOBER 2021   KLHK AJAK SEMUA PIHAK LAKUKAN MITIGASI PERUBAHAN IKLIM MULAI DARI LINGKUNGAN RUMAH MELALUI PROGRAM KAMPUNG IKLIM   KEMENKOMINFO DORONG OPERATOR SELULER UJI COBA LAYANAN 5G   KEMENKOMINFO UPAYAKAN PEMANFAATAN 5G DI INDONESIA DIUTAMAKAN DIISI OLEH PEMAIN DALAM NEGERI   SEKJEN KEMENKES: PENYANDANG DISABILITAS MERUPAKAN SALAH SATU PRIORITAS UTAMA PENERIMA VAKSINASI COVID-19   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL MINTA PEMERINTAH PUSAT TIADAKAN LIBUR PANJANG IDUL ADHA 2021   GUBERNUR GANJAR PRANOWO SEBUT JAWA TENGAH KRISIS TENAGA KESEHATAN AKIBAT LONJAKAN KASUS COVID-19   GUBERNUR DKI: PAJAK YANG DIRAUP PEMPROV DKI DIGUNAKAN UNTUK LINDUNGI SETIAP WARGA DARI PENYEBARAN COVID-19    JUBIR SATGAS COVID-19: JANGAN AMBIL RISIKO, TAK BOLEH LALAI TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN    SATGAS COVID-19: VAKSIN COVID SINOVAC, ASTRAZENECA, & SINOPHARM SUDAH MENDAPATKAN IZIN PEMAKAIAN DARI WHO