Kompas TV internasional kompas dunia

Trio Astronot Asal AS dan Rusia Berhasil Meluncur Menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional

Kompas.tv - 9 April 2021, 16:31 WIB
trio-astronot-asal-as-dan-rusia-berhasil-meluncur-menuju-stasiun-luar-angkasa-internasional
Kosmonot Pyotr Dubrov (atas), astronot NASA Mark Vande Hei (tengah) dan kosmonot Oleg Novitskiy melambaikan tangan sebelum menaiki pesawat ruang angkasa Soyuz MS-18 untuk diluncurkan pada Jumat, 9 April 2021, di Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan. (Sumber: Bill Ingalls / NASA via AP)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOSKOW, KOMPAS.TV – Trio penjelajah luar angkasa asal Amerika Serikat (AS) dan Rusia, berhasil meluncur menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional, Jumat (9/4/2021).

Astronot NASA Mark Vande Hei dan dua kosmonot (sebutan bagi astronot asal Rusia) Oleg Novitskiy dan Pyotr Dubrov meluncur sesuai jadwal pada pukul 12.42 malam waktu setempat. Mereka menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-18 dari fasilitas peluncuran Baikonur yang disewa Rusia di Kazakhstan.

Mereka akan berlabuh di stasiun setelah menempuh perjalanan dua orbit selama tiga jam.

Baca Juga: NASA Siapkan Astronot Perempuan Pertama yang Akan Menginjakkan Kaki di Bulan

Ini adalah misi luar angkasa kedua untuk Vande Hei dan yang ketiga untuk Novitskiy, sementara bagi Dubrov, ini merupakan misi pertamanya.

Selama misi mereka, kru akan mengerjakan ratusan eksperimen dalam biologi, bioteknologi, ilmu fisika, dan ilmu Bumi.

Peluncuran tersebut dilakukan tiga hari sebelum peringatan 60 tahun penerbangan manusia pertama ke luar angkasa oleh kosmonot Yuri Gagarin dan peringatan 40 tahun peluncuran pertama pesawat ulang-alik NASA.

Baca Juga: Roket SpaceX yang Membawa Empat Astronot Berhasil Lepas Landas

Di pos luar angkasa, ketiganya akan bergabung dengan para astronot NASA Kate Rubins, Michael Hopkins, Victor Glover dan Shannon Walker. Selain itu ada juga kosmonot Sergey Ryzhikov dan Sergey Kud-Sverchkov serta astronot Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang Soichi Noguchi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x