Kompas TV feature inspirasi ramadhan

Tips Puasa Saat Pandemi Sesuai Anjuran Protokol Kesehatan

Kompas.tv - 9 April 2021, 15:00 WIB
tips-puasa-saat-pandemi-sesuai-anjuran-protokol-kesehatan
Ilustrasi aplikasi puasa Ramadhan 2021. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beberapa hari lagi, umat muslim akan menyambut bulan Ramadan. Pandemi corona yang masih melanda Indonesia, membuat masyarakat perlu mempersiapkan puasa dengan sebaik mungkin.

Dilansir dari Kompas.com, berikut tips puasa saat pandemi Covid-19 supaya badan tetap fit meski menjalankan protokol kesehatan.

Baca Juga: Bukan Cuma Manusia, 5 Hewan Ini Juga Mengenal Puasa

1. Rutin bersihkan peralatan ibadah

Berbeda dengan tahun lalu, ibadah ramadan khususnya tarawih sudah boleh dilakukan di masjid. Hal itu disampaikan oleh pemerintah dengan sejumlah syarat. Salah satunya harus melaksanakan protokol kesehatan.

Alat-alat ibadah seperti mukena, sajadah, sarung dan lainnya dianjurkan untuk rutin dicuci sehingga debu dan kotoran dari luar tidak terlalu lama menempel.

2. Suplai Bahan Makanan dan Masak di Rumah

Di tengah pandemi Covid, terlalu riskan untuk sering keluar,  baik itu membeli bahan makanan maupun berburu takjil. Oleh karena itu, bahan makanan sebaiknya disiapkan untuk beberapa hari.

Dalam hal ini, pilihlah bahan makanan yang bisa bertahan beberapa hari seperti beras, minyak goreng, bumbu dapur dan lainnya.

Baca Juga: Jelang Ramadhan Harga Daging Ayam Melambung Tinggi

3. Pastikan kebersihan saat membeli makanan

Namun jika dalam situasi yang memaksa harus membeli menu buka puasa atau sahur di luar, sebaiknya lebih teliti dalam memastikan kebersihan makanan.

Gunakan jasa pesan antar untuk meminimalisir datang ke kerumunan. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan.

Demi kelancaran ramadhan 2021, perlu kesabaran dan ketelitian ekstra dalam menjaga kesehatan mengingat pandemi covid-19 masih belum usai. Semoga dengan tips puasa di atas dapat bermanfaat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x