Kompas TV nasional sosial

Pemerintah akan Bangun Pusat Data Lagu dan Musik

Jumat, 9 April 2021 | 15:54 WIB
pemerintah-akan-bangun-pusat-data-lagu-dan-musik
Tarif royalti musik karaoke. (Sumber: lmkn.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah akan mencanangkan pembangunan pusat data lagu dan musik sebagai upaya mengoptimalkan penarikan dan pendistribusian royalti dalam Peraturan Pemerintah No. 56 Tahun 2021. 

Berdasarkan paparan Freddy Harris selaku Dirjen Kekayaan Intelektual pada konferensi pers PP No. 56 Tahun 2021 melalui zoom pada Jumat (9/4/2021), pusat data tersebut sebenarnya direncanakan mulai dibangun pada 2020 namun terkendala karena pandemi Covid-19. 

Pembangunan pusat data ini diperkirakan akan menghabiskan dana hingga 200 miliar dengan skema Public Private Partnership

"Saat ini kita masih tidak punya pusat data musik indonesia, kita tidak tahu puluhan juta lagu di Indonesia ada di mana, siapa yang punya datanya, pemegang haknya siapa. Mekanisme masih belum jelas, ini harus transparans dan akuntabel. Adanya sistem pusat data musik dibutuhkan," kata Freddy.  

Baca Juga: Ini Besar Tarif dan Cara Bayar Royalti Musisi Berdasarkan Tempat dan Jenis Kegiatan

Pusat data ini berasal dari e-Hak Cipta yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Pusat data tersebut dapat diakses oleh LMKN, Pencipta, Pemegang Hak Cipta, Pemilik Hak Terkait, dan Pengguna Secara Komersial.

Kemudian LMKN akan mengelola royalti berdasarkan data yang telah terintegrasi antara Pusat data musik dan/lagu milik DJKI dengan Sistem Informasi Lagu/Musik (SILM) yang dikelola oleh LMKN.

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:43
PBSI: SEMANGAT MARKIS KIDO HARUS JADI MOTIVASI BAGI PEBULU TANGKIS MUDA INDONESIA UNTUK BERPRESTASI   PBSI GELAR TURNAMEN SIMULASI JELANG OLIMPIADE TOKYO DI PELATNAS CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   KEMENTERIAN KESEHATAN BRASIL SEBUT PASIEN COVID-19 KLASTER COPA AMERICA 2021 MENCAPAI 41 ORANG   OTORITAS JEPANG: SELURUH ATLET OLIMPIADE DAN PARALIMPIADE HARUS TAATI PERATURAN PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19   PEMERINTAH MALAYSIA SETUJUI PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 PFIZER UNTUK USIA 12 TAHUN KE ATAS   KOMPOLNAS MINTA PIHAK KEPOLISIAN UNTUK PATROLI RUTIN DI KAWASAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   PT PELINDO II ANCAM BERHENTIKAN KARYAWANNYA YANG TERLIBAT PUNGUTAN LIAR   SEBANYAK 1.271 PEGAWAI KPK YANG LOLOS TWK AKAN JALANI ORIENTASI ASN   RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN TAMBAH KAPASITAS TEMPAT TIDUR MENJADI 7.394 UNIT   BIO FARMA: JUMLAH STOK VAKSIN COVID-19 MAMPU PENUHI TARGET 1 JUTA VAKSINASI PER HARI   SATGAS COVID-19 OPTIMISTIS PROGRAM VAKSINASI PEMERINTAH AKAN RAMPUNG SESUAI TARGET DI DESEMBER 2021   MENKO PEREKONOMIAN: PEMERINTAH KOMITMEN LAKSANAKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI TENGAH PANDEMI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT 97 PERSEN OBAT-OBATAN DI INDONESIA MASIH IMPOR DARI LUAR NEGERI   PEMERINTAH LARANG KEGIATAN TEMPAT WISATA DI ZONA MERAH DAN ORANYE SELAMA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO