Kompas TV nasional update corona

Presiden Jokowi Serukan Tolak Nasionalisme Vaksin: Ini Barang Publik Global

Jumat, 9 April 2021 | 10:50 WIB
presiden-jokowi-serukan-tolak-nasionalisme-vaksin-ini-barang-publik-global
Presiden Jokowi Memberi Pernyataan Terkait Impor Beras, Istana Merdeka, 26 Maret 2021 (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan menolak nasionalisme vaksin Covid-19. Pasalnya, vaksin Covid-19 merupakan barang publik.

Diketahui, istilah nasionalisme vaksin merujuk pada situasi ketika suatu negara ingin mengamankan stok vaksin demi kepentingan warga negaranya sendiri.

Baca Juga: 5 Hari Setelah SP3 Kasus BLBI, Presiden Jokowi Terbitkan Keppres Buat Buru Aset

Karena itu, Jokowi menyerukan penolakan terhadap nasionalisme vaksin tersebut. Menurutnya, publik global membutuhkan vaksi saat pandemi melanda.

"Saat ini kita saksikan meningkatnya nasionalisme vaksin. Ini harus kita tolak. Kita harus mendukung vaksin multilateral,” kata Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-10 negara-negara Developing Eight (D-8) secara virtual pada Kamis (8/4/2021).

"D-8 harus terus mendorong akses yang adil terhadap vaksin. Ketersediaan dan keterjangkauan vaksin merupakan kunci untuk keluar dari krisis."

Menurut Presiden, vaksin Covid-19 adalah barang publik global. Karena itu, dunia perlu bersatu untuk memproduksi dan mendistribusikan vaksin untuk semua.

Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:32
HANNOVER MESSE 2021, PERTAMINA TAMPILKAN DUKUNGANNYA DALAM PEMBANGUNAN HIJAU DAN BERKELANJUTAN   BNPB: LEBIH DARI 53.000 DESA ATAU KELURAHAN DI INDONESIA RAWAN BENCANA   TENAGA AHLI UTAMA KSP ALI MOCHTAR NGABALIN: ADA PERUBAHAN NOMENKLATUR BKPM JADI KEMENTERIAN INVESTASI   POLRI SIAP MENDUKUNG LANGKAH PEMERINTAH DALAM MENGEJAR ASET SISA PIUTANG NEGARA DARI DANA BLBI   POLRI MASUK DALAM STRUKTUR SATGAS PENANGANAN HAK TAGIH NEGARA DANA BANTUAN LIKUIDITAS BANK INDONESIA (BLBI)   KKP MELEPAS EKSPOR PRODUK PERIKANAN DI SEJUMLAH WILAYAH INDONESIA SEBANYAK 11.637 TON ATAU SENILAI RP 1 TRILIUN   OMBUDSMAN MINTA PERTAMINA GANTI RUGI WARGA TERDAMPAK LEDAKAN KILANG MINYAK BALONGAN, INDRAMAYU, JABAR   BERKAS PERKARA DILIMPAHKAN KE PN TIPIKOR, EKS MENSOS JULIARI BATUBARA SEGERA DISIDANG   KSPSI MINTA PEMERINTAH BERI SANKSI TEGAS PERUSAHAAN YANG BELUM LUNASI THR PADA 2020   POLRI ANCAM PENJARAKAN TRAVEL GELAP YANG NEKAT ANGKUT PENUMPANG UNTUK MUDIK LEBARAN   KAKORLANTAS POLRI IRJEN ISTIONO SEBUT TERDAPAT 333 POS PENYEKATAN MUDIK LEBARAN 2021   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT PENINGKATAN MASYARAKAT MISKIN DI JAKARTA TERJADI KETIKA PANDEMI COVID-19   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: ADA PENINGKATAN MASYARAKAT MISKIN ATAU MASYARAKAT DENGAN EKONOMI RENTAN   JAM OPERASIONAL RESTORAN DI KOTA TANGERANG TETAP SAMPAI PUKUL 21.00 WIB SELAMA BULAN RAMADAN