Kompas TV nasional hukum

Setelah Hentikan Perkara BLBI, KPK Disebut Berpeluang Munculkan SP3 Kasus Lain

Jumat, 9 April 2021 | 07:17 WIB
setelah-hentikan-perkara-blbi-kpk-disebut-berpeluang-munculkan-sp3-kasus-lain
Tersangka Sjamsul Nursalim selaku pemegang saham pengendali Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) dalam kasus SKL BLBI (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Komisi Pemberantasan Korupsi dinilai telah menunjukkan kelemahannya dengan mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan yang mengakhiri status tersangka Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim. Tak hanya itu, SP3 bagi tersangka Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim juga berpotensi memunculkan gelombang SP3 untuk kasus lainnya.

Hal tersebut disampaikan Gerakan untuk Indonesia Adil dan Demokratis (GIAD)  yang merupakan gabungan dari sejumlah LSM di antaranya LIMA, TEPI, Exposit Strategic, IBC, dan FITRA.

“Setelah ini, kita tidak akan kaget lagi mendapati tersangka-tersangka korupsi melenggang bebas tanpa sempat diperiksa. Sinyalemen untuk itu telah disampaikan sendiri oleh komisioner KPK,” kata Koordinator TEPI Jeirry Sumampouw mewakili GIAD pada Kamis (8/4/2021).

Baca Juga: 5 Hari Setelah SP3 Kasus BLBI, Presiden Jokowi Terbitkan Keppres Buat Buru Aset

“Masa depan penegakan hukum dan pemberantasan korupsi tampak buram sekaligus suram. Di tengah lemahnya komitmen negara, penyelesaian penyelewengan BLBI, dengan potensi kerugian negara lebih Rp2.000 triliun, dapat menguap begitu saja,” tambah Jeirry.

Bagi GIAD, kata Jeirry, KPK telah membuat “lelucon hukum” dengan mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan yang mengakhiri status tersangka Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim.

“Berita pemberian SP3 ini terasa amat perih. Buat sesak dan sulit bernapas,” katanya.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:19
BPOM: IZIN PENGGUNAAN VAKSIN SPUTNIK V DITARGETKAN KELUAR AKHIR APRIL 2021   HIU DAN PARI TERANCAM PUNAH, KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN UPAYAKAN KELOLA SUMBER DAYA PERIKANAN   KEMENAG AKAN BUKA FORMASI 27.303 GURU AGAMA HONORER DALAM SELEKSI CALON PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA   MABES POLRI KIRIM 292 ANGGOTA BRIMOB NUSANTARA UNTUK PENANGANAN BENCANA DI NTT   PEMKOT DEPOK GELAR UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA MULAI TAHUN AJARAN BARU YAKNI 12 JULI 2021   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY SEBUT ORANGTUA YANG BERHENTI MEROKOK BISA CEGAH ANAKNYA TERKENA "STUNTING"   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: PEMBANGUNAN TUGU SEPEDA MERUPAKAN BENTUK APRESIASI TERHADAP KREATIVITAS PELAKU SENI   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT PEMBANGUNAN TUGU SEPEDA BERBIAYA RP 800 JUTA   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: ANGGARAN PEMBANGUNAN JALUR SEPEDA PERMANEN DI JALAN SUDIRMAN-THAMRIN RP 28 MILIAR   PEMKOT TANGERANG RESMI SELENGGARAKAN VAKSINASI COVID-19 PADA SIANG HARI SELAMA RAMADAN   SATGAS COVID-19 SEBUT TERJADI PENINGKATAN KASUS POSITIF DAN KEMATIAN COVID-19 DALAM SEPEKAN TERAKHIR    BAKAMLA SERAHKAN BERKAS PERKARA ABK DAN BARANG BUKTI KAPAL IKAN VIETNAM KE PSDKP BATAM    IBADAH HAJI MASIH TUNGGU KEPASTIAN DARI ARAB SAUDI, KEMENAG LAKUKAN VAKSINASI TERHADAP CALON HAJI    MENKES BUDI GUNADI SADIKIN AKAN MINTA PRESIDEN JOKOWI NEGOSIASI KE TIONGKOK TAMBAH DOSIS VAKSIN SINOVAC