Kompas TV internasional kompas dunia

China Selesaikan PLTA Berkapasitas 16 Gigawatt, Beroperasi Bulan Juli.

Jumat, 9 April 2021 | 06:45 WIB
china-selesaikan-plta-berkapasitas-16-gigawatt-beroperasi-bulan-juli
Foto dari udara yang diabadikan pada 11 Juli 2018 ini menunjukkan lokasi konstruksi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Baihetan, yang terletak di hilir Sungai Jinsha di wilayah Ningnan, Provinsi Sichuan dan wilayah Qiaojia, Provinsi Yunnan yang saling bertetangga di China barat daya. (Sumber: Xinhua/Hu Chao)

KUNMING, KOMPAS.TV - Sebuah pembangkit listrik tenaga air (PLTA) raksasa baru di China telah memulai proses penampungan air di bendungannya, bersiap untuk mulai menghasilkan listrik pada Juli.

Seperti dilansir Xinhua, Kamis, (08/04/2021), PLTA Baihetan adalah fasilitas pembangkit listrik tenaga air 16GW yang akan beroperasi bulan Juli nanti di Sungai Jinsha, yang merupakan anak sungai Sungai Yangtze di barat daya Cina.

PLTA Baihetan akan menjadi pembangkit listrik terbesar kedua di dunia setelah Bendungan Tiga Ngarai di Provinsi Hubei, China tengah. Proyek ini dikerjakan oleh China Three Gorges Corporation.

Gelombang pertama unit pembangkit dari PLTA Baihetan dijadwalkan mulai beroperasi pada Juli 2021, dan semua unit diharapkan dapat beroperasi pada Juli 2022 mendatang.

Fasilitas pembangkit listrik tenaga air Baihetan diharapkan menghasilkan 60 miliar kilowatt jam (KWh) listrik, sekaligus mencegah 52 juta ton (Mt) emisi CO2 per tahun.

Baca Juga: Bencana Gletser Himalaya: Pembangunan PLTA Tak Perhatikan Lingkungan dan Risiko Bencana

PLTA Baihetan di China Barat Daya difoto dari udara (Sumber: VCG)

Baihetan adalah salah satu dari empat megaproyek pembangkit listrik tenaga air China baik yang sudah beroperasi atau sedang dikembangkan dengan kapasitas terpasang lebih dari 10GW.

Penulis : Edwin Shri Bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:47
BPOM: IZIN PENGGUNAAN VAKSIN SPUTNIK V DITARGETKAN KELUAR AKHIR APRIL 2021   HIU DAN PARI TERANCAM PUNAH, KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN UPAYAKAN KELOLA SUMBER DAYA PERIKANAN   KEMENAG AKAN BUKA FORMASI 27.303 GURU AGAMA HONORER DALAM SELEKSI CALON PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA   MABES POLRI KIRIM 292 ANGGOTA BRIMOB NUSANTARA UNTUK PENANGANAN BENCANA DI NTT   PEMKOT DEPOK GELAR UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA MULAI TAHUN AJARAN BARU YAKNI 12 JULI 2021   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY SEBUT ORANGTUA YANG BERHENTI MEROKOK BISA CEGAH ANAKNYA TERKENA "STUNTING"   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: PEMBANGUNAN TUGU SEPEDA MERUPAKAN BENTUK APRESIASI TERHADAP KREATIVITAS PELAKU SENI   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT PEMBANGUNAN TUGU SEPEDA BERBIAYA RP 800 JUTA   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: ANGGARAN PEMBANGUNAN JALUR SEPEDA PERMANEN DI JALAN SUDIRMAN-THAMRIN RP 28 MILIAR   PEMKOT TANGERANG RESMI SELENGGARAKAN VAKSINASI COVID-19 PADA SIANG HARI SELAMA RAMADAN   SATGAS COVID-19 SEBUT TERJADI PENINGKATAN KASUS POSITIF DAN KEMATIAN COVID-19 DALAM SEPEKAN TERAKHIR    BAKAMLA SERAHKAN BERKAS PERKARA ABK DAN BARANG BUKTI KAPAL IKAN VIETNAM KE PSDKP BATAM    IBADAH HAJI MASIH TUNGGU KEPASTIAN DARI ARAB SAUDI, KEMENAG LAKUKAN VAKSINASI TERHADAP CALON HAJI    MENKES BUDI GUNADI SADIKIN AKAN MINTA PRESIDEN JOKOWI NEGOSIASI KE TIONGKOK TAMBAH DOSIS VAKSIN SINOVAC