Kompas TV internasional kompas dunia

Seorang Lelaki Diputuskan Bebas Setelah 44 Tahun Dipenjara, di Carolina Utara, Amerika Serikat

Jumat, 9 April 2021 | 06:25 WIB
seorang-lelaki-diputuskan-bebas-setelah-44-tahun-dipenjara-di-carolina-utara-amerika-serikat
Ronnie Long mendapat ganti rugi hanya 750.000 dollar AS setelah dipenjara tanpa bersalah selama 44 tahun di Carolina Utara, Amerika Serikat. Ronnie protes, harga perampasan kebebasan tidak semurah itu. (Sumber: AP Photo/Peter Weinberger)

DURHAM, KOMPAS.TV —  Seorang pria mendapat ganti rugi 750.000 dollar AS setelah menjalani hukuman penjara selama 44 tahun lalu dibebaskan karena ternyata tidak bersalah di negara bagian Carolina Utara, Amerika Serikat. 

Pria itu bernama Ronnie Long, dan seperti dikutip Associated Press dari the Charlotte Observer, jumlah ganti rugi itu jauh dari cukup. 

Jumlah itu sendiri adalah maksimal berdasarkan aturan negara bagian untuk ganti rugi bagi perampasan kebebasan oleh negara secara tidak sah. 

Pengacara Long, seorang pengajar hukum universitas Duke bernama Jamie Lau, mengatakan jumlah ganti rugi itu benar-benar tidak cukup untuk orang yang sudah dirampas kebebasannya selama beberapa dekade.

Baca Juga: Polisi Kabulkan Cita-Citanya Masuk Penjara, Nenek Ini Malah Girang saat Diborgol

Ronnie Long mendapat ganti rugi hanya 750.000 dollar AS setelah dipenjara tanpa bersalah selama 44 tahun di Carolina Utara, Amerika Serikat. Ronnie protes, harga perampasan kebebasan tidak semurah itu. (Sumber: FreeRonnieLongNow.org)

Tahun 1976, Long diputuskan bersalah memperkosa janda seorang pengusaha di Cannon Mills, dimana putusan itu dijatuhkan oleh juri yang seluruhnya berkulit putih. 

Bukti-bukti yang potensial meringankan sengaja disembunyikan dari tim pembela atau tiba-tiba hilang. Selain itu ada sekelompok calon anggota juri majelis hakim yang terhalangi menjadi juri. 

Penulis : Edwin Shri Bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:27
WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA INGATKAN PENGELOLA APARTEMEN TAK HANYA CARI KEUNTUNGAN, TAPI TURUT AWASI HUNIAN   PROSTITUSI ANAK DI APARTEMEN, WAGUB DKI PERTIMBANGKAN BERI SANKSI KEPADA PENGELOLA APARTEMEN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN KUKUHKAN 17 ANGGOTA AKADEMI JAKARTA YANG DIKETUAI SENO GUMIRA AJIDARMA   WALI KOTA TANGERANG DORONG KEMENDAGRI BUAT ATURAN LARANGAN MUDIK UNTUK SELURUH PEMDA   TINGKATKAN KETAHANAN PANGAN NASIONAL, KEMENTAN DUKUNG PENGEMBANGAN LUMBUNG PANGAN DI SUMSEL   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO SEBUT KEANEKARAGAMAN HAYATI MERUPAKAN ASET MASA KINI DAN MASA DEPAN   KEMENAG SIAPKAN 86 LOKASI DI 34 PROVINSI UNTUK PANTAU HILAL AWAL RAMADAN   WALI KOTA JAKARTA PUSAT: KEBAKARAN DI PASAR KAMBING DIDUGA AKIBAT KORSLETING   MUI KELUARKAN FATWA YANG MENYATAKAN TES USAP DI BULAN RAMADAN TAK MEMBATALKAN PUASA   MENLU RETNO MARSUDI DORONG PEMERINTAH INGGRIS SEDIAKAN AKSES VAKSIN COVID-19 YANG SETARA DAN ADIL   KASUS PRAKTIK ILEGAL SUNTIK PAYUDARA DI JAKARTA BARAT, POLISI: KORBAN CAPAI 15 ORANG   KEMENTERIAN PERHUBUNGAN: MULAI 6-17 MEI 2021 SELURUH MODA TRANSPORTASI MUDIK DILARANG BEROPERASI   JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO MINTA MASYARAKAT PATUHI KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK   POLRES JAKARTA BARAT AKAN GANDENG TOKOH AGAMA UNTUK CEGAH KEGIATAN "SAHUR ON THE ROAD" SAAT RAMADAN