Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Wacana Tarif Listrik Naik Juli, GAPMMI: Industri Masih Berjuang untuk Survive

Jumat, 9 April 2021 | 05:30 WIB
wacana-tarif-listrik-naik-juli-gapmmi-industri-masih-berjuang-untuk-survive
Ilustrasi Meteran Listrik (Sumber: kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian ESDM mewacanakan kenaikan tarif listrik mulai Juli 2021. Kenaikan berlaku untuk pelanggan rumah tangga 900 VA hingga pelanggan industri.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi S. Lukman menilai, kenaikan tarif listrik tidak tepat jika dilakukan di tengah pandemi.

Apalagi, berdasarkan simulasi dari Kementerian ESDM, kenaikan tarif untuk industri adalah yang paling besar. Yaitu sekitar Rp 2,9 miliar per bulan.

Baca Juga: Wacana Tarif Listrik Naik, Mulai dari Rp18.000 Per Bulan

“Industri masih berjuang untuk bisa survive,” ujar Adhi seperti dikutip dari  Kontan.co.id, Jumat (09/04/2021).

Adhi mengungkapkan, dalam biaya produksi makanan dan minuman, biaya energi berkontribusi sekitar 5%-10%. Jika tarif listrik naik, produsen tak bisa serta merta menaikkan harga jual karena daya beli masyarakat juga masih lemah.

"Kalau tujuannya penghematan anggaran, sebaiknya perlu dicari solusi lain ketimbang menaikkan tarif listrik. Salah satunya, pemerintah sudah hapuskan limbah B3 PLN.  Ini akan hemat banyak," kata Adhi.

Penulis : Dina Karina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:31
WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA INGATKAN PENGELOLA APARTEMEN TAK HANYA CARI KEUNTUNGAN, TAPI TURUT AWASI HUNIAN   PROSTITUSI ANAK DI APARTEMEN, WAGUB DKI PERTIMBANGKAN BERI SANKSI KEPADA PENGELOLA APARTEMEN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN KUKUHKAN 17 ANGGOTA AKADEMI JAKARTA YANG DIKETUAI SENO GUMIRA AJIDARMA   WALI KOTA TANGERANG DORONG KEMENDAGRI BUAT ATURAN LARANGAN MUDIK UNTUK SELURUH PEMDA   TINGKATKAN KETAHANAN PANGAN NASIONAL, KEMENTAN DUKUNG PENGEMBANGAN LUMBUNG PANGAN DI SUMSEL   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO SEBUT KEANEKARAGAMAN HAYATI MERUPAKAN ASET MASA KINI DAN MASA DEPAN   KEMENAG SIAPKAN 86 LOKASI DI 34 PROVINSI UNTUK PANTAU HILAL AWAL RAMADAN   WALI KOTA JAKARTA PUSAT: KEBAKARAN DI PASAR KAMBING DIDUGA AKIBAT KORSLETING   MUI KELUARKAN FATWA YANG MENYATAKAN TES USAP DI BULAN RAMADAN TAK MEMBATALKAN PUASA   MENLU RETNO MARSUDI DORONG PEMERINTAH INGGRIS SEDIAKAN AKSES VAKSIN COVID-19 YANG SETARA DAN ADIL   KASUS PRAKTIK ILEGAL SUNTIK PAYUDARA DI JAKARTA BARAT, POLISI: KORBAN CAPAI 15 ORANG   KEMENTERIAN PERHUBUNGAN: MULAI 6-17 MEI 2021 SELURUH MODA TRANSPORTASI MUDIK DILARANG BEROPERASI   JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO MINTA MASYARAKAT PATUHI KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK   POLRES JAKARTA BARAT AKAN GANDENG TOKOH AGAMA UNTUK CEGAH KEGIATAN "SAHUR ON THE ROAD" SAAT RAMADAN