Kompas TV nasional peristiwa

Kebakaran Pasar Kambing Tanah Abang Diduga dari Hubungan Arus Pendek

Kompas.tv - 8 April 2021, 22:03 WIB
kebakaran-pasar-kambing-tanah-abang-diduga-dari-hubungan-arus-pendek
Tangkapan layar video kebakaran di daerah Pasar Kambing, Tanah Abang, Kamis (8/4/2021). (Sumber: Twitter Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamanatan DKI Jakarta )
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kebakaran di daerah Pasar Kambing Tanah Abang menghanguskan kios pedangang. Diduga kebakaran terjadi karena hubungan arus pendek atau korsleting listrik.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma menjelaskan informasi yang diterima api bermula dari hubunga arus pendek.

Letupan dari korsleting listrik tersebut menyebabkan percikan api dan menyambar salah satu kios di pasar tersebut.

Baca Juga: Pasar Kambing Tanah Abang Kebakaran 17 Damkar Dikerahkan

“Percikan api mengenai lapak buah atau kelontong. Setelah itu api merambat,” ujar Dhany saat meninjau lokasi kebakaran, Kamis (8/4/2021).

Dhany menjelaskan sebanyak 136 lapak dan 40 kios di Pasar Kambing Tanah Abang hangus terbakar. Semua berada di area PD Pasar Jaya.

Menurut Dhany tidak ada korban jiwa dari kebakaran ini. Petugas pemadam juga dapat mencegah api menyambar rumah warga yang berdekatan dengan Pasar Kambing Tanah Abang.

Begitu juga hewan ternak yang didagangkan juga langsung dievakuasi ke sebuah SD di sekitar lokasi kebakaran. Namun kerugian dari peristiwa ini ditaksir mencapai Rp1 miliar.

Baca Juga: Tiga Hari Pasca Kebakaran Kilang Minyak Balongan, Warga Tuntut Ganti Rugi dari Pertamina

Sementara itu, Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Mulat Wijayanto menyatakan luas daerah yang terbakar sekitar 5 ribu meter.

Api, sambung Mulat, dapat dipadamkan sekitar pukul 19.30 WIB atau sekitar tiga jam dari informasi kebakaran pada pukul 16.50 WIB.

Sebanyak 15 unit mobil pemadam kebakaran dan 75 petugas dikerahkan untuk memadamkan api.

Peristiwa kebakaran di Pasar Kambing, Tanah Abang pernah terjadi pada Agustus 2019. Saat itu api berasal dari korsleting listrik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.