Kompas TV nasional agama

Sidang Isbat Awal Ramadhan Digelar 12 April 2021

Kamis, 8 April 2021 | 20:26 WIB
sidang-isbat-awal-ramadhan-digelar-12-april-2021
Ilustrasi sidang isbat penetapan awal Ramadan dilakukan sesaat setelah pemantauan hilal atau rukyatul hilal di berbagai titik pantau di seluruh Indonesia (Sumber: galamedianews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penetapan awal Ramadan 1422 H pada 12 April 2021. Sidang tersebut rencananya bakal digelar di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama. 

“Isbat awal Ramadan dilaksanakan 12 April, bertepatan 29 Syakban 1442 H,” kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Karena masih dalam situasi pandemi Covid 19, rencananya sidang isbat akan digelar secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

Sidang tersebut juga  akan dihadiri Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, serta Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sejumlah ormas Islam yang dijadwalkan hadir antara lain Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah. Selain itu ada juga ormas Islam yang akan mengikuti proses sidang ini secara daring.

“Ada 29 duta besar negara sahabat yang diundang. Kami berharap ada di antara mereka yang bisa hadir secara langsung dalam proses sidang,” ujar Kamaruddin.

Sidang isbat akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Lokasi sidang akan disemprot lebih dahulu dengan disinfektan. Peserta terbatas yang diundang hadir juga akan dilakukan pembatasan jarak, pemindaian suhu tubuh, dan wajib mengenakan masker.

Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:17
WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA INGATKAN PENGELOLA APARTEMEN TAK HANYA CARI KEUNTUNGAN, TAPI TURUT AWASI HUNIAN   PROSTITUSI ANAK DI APARTEMEN, WAGUB DKI PERTIMBANGKAN BERI SANKSI KEPADA PENGELOLA APARTEMEN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN KUKUHKAN 17 ANGGOTA AKADEMI JAKARTA YANG DIKETUAI SENO GUMIRA AJIDARMA   WALI KOTA TANGERANG DORONG KEMENDAGRI BUAT ATURAN LARANGAN MUDIK UNTUK SELURUH PEMDA   TINGKATKAN KETAHANAN PANGAN NASIONAL, KEMENTAN DUKUNG PENGEMBANGAN LUMBUNG PANGAN DI SUMSEL   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO SEBUT KEANEKARAGAMAN HAYATI MERUPAKAN ASET MASA KINI DAN MASA DEPAN   KEMENAG SIAPKAN 86 LOKASI DI 34 PROVINSI UNTUK PANTAU HILAL AWAL RAMADAN   WALI KOTA JAKARTA PUSAT: KEBAKARAN DI PASAR KAMBING DIDUGA AKIBAT KORSLETING   MUI KELUARKAN FATWA YANG MENYATAKAN TES USAP DI BULAN RAMADAN TAK MEMBATALKAN PUASA   MENLU RETNO MARSUDI DORONG PEMERINTAH INGGRIS SEDIAKAN AKSES VAKSIN COVID-19 YANG SETARA DAN ADIL   KASUS PRAKTIK ILEGAL SUNTIK PAYUDARA DI JAKARTA BARAT, POLISI: KORBAN CAPAI 15 ORANG   KEMENTERIAN PERHUBUNGAN: MULAI 6-17 MEI 2021 SELURUH MODA TRANSPORTASI MUDIK DILARANG BEROPERASI   JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO MINTA MASYARAKAT PATUHI KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK   POLRES JAKARTA BARAT AKAN GANDENG TOKOH AGAMA UNTUK CEGAH KEGIATAN "SAHUR ON THE ROAD" SAAT RAMADAN