Kompas TV regional update corona

Tangsel Jadi Satu-satunya Wilayah Berzona Merah di Pulau Jawa

Kompas.tv - 8 April 2021, 18:41 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Tangerang Selatan menjadi satu-satunya wilayah di Pulau Jawa yang masih berada di zona merah.

Zona merah atau wilayah dengan risiko penularan virus covid-19 tertinggi di Indonesia masih tersisa 10 kabupaten kota. Jumlah ini didapat dari data yang dirilis di laman covid-19.go.id per 4 April 2021.

Dari 514 kabupaten, kota yang ada di 34 provinsi di Indonesia, 10 kabupaten kota masih belum lepas dari zona merah yaitu, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung, Kota Tangerang Selatan Banten.

Baca Juga: Menkes Ungkap Indonesia Urutan ke-8 Vaksinasi Covid-19 Tercepat Sedunia

Tiga Kabupaten di Bali yaitu Badung, Gianyar, dan Buleleng.

Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Kota Palangkaraya, Kabupaten Kapuas, dan Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Sementara itu, wilayah yang berada di zona oranye ada 289 kabupaten kota, dan zona kuning ada 207.

Tujuh kabupaten kota berada di zona aman atau zona hijau, dan 1 kabupaten kota dinyatakan tidak terdampak, yaitu Kabupaten Dogiyai di Papua.

Di Ibu Kota Jakarta, 5 wilayah masuk dalam zona oranye atau risiko sedang, sementara 1 kabupaten kota yaitu Kepulauan Seribu, masuk dalam zona kuning atau risiko rendah.

Baca Juga: Zona Merah Indonesia Naik Lagi jadi 10 Daerah, Mana Saja?

Berbeda dengan ibu kota Jakarta, Kota Tangerang Selatan sebagai salah satu wilayah penopang ibu kota hingga kini masih berada di zona merah.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan membantah wilayahnya berada di zona merah. Mereka menyebut data dengan pusat tidak sinkron.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x