Kompas TV klik360 sinau

Profil Singkat TMII, Taman Wisata Miniatur Indonesia Gagasan Tien Soeharto

Kamis, 8 April 2021 | 15:29 WIB

SOLO, KOMPAS.TV – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah kawasan taman wisata bertema kebudayaan Indonesia yang terletak di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur, dan memiliki luas area kurang lebih 150 hektare dengan puluhan obyek yang bisa dikunjungi wisatawan.

TMII merupakan proyek yang diinspirasi oleh Tien Soeharto. Ide membangun TMII muncul usai Tien Soeharto berkunjung ke Disneyland, California pada 1970-an.

TMII mulai dibangun pada 1972, dan pembangunannya dikelola oleh Yayasan Harapan Kita milik Keluarga Cendana.

Gagasan pembangunan TMII sempat memunculkan protes dari mahasiswa yang dipicu pengumuman biaya pembangunan TMII yang mencapai 10,5 miliar rupiah.

Pembangunan TMII diprotes karena dinilai tidak prioritas di tengah banyaknya masyarakat miskin pada saat itu.

Meski diterpa gelombang protes, pembangunan TMII dikebut hingga akhirnya diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 April 1975.

Sejak tahun 1975 hingga 2000, rancangan asli TMII terdiri atas anjungan rumah adat dari 27 provinsi di Indonesia. Anjungan daerah di TMII kini telah ditambahkan sesuai provinsi di Indonesia.

Anjungan provinsi dibangun di sekitar danau dengan miniatur kepulauan Indonesia. Tiap anjungan menampilkan rumah, baju, dan pakaian adat masing-masing daerah.

Selain itu TMII juga dilengkapi kehadiran Teater IMAX Keong Mas, Teater Tanah Airku, dan Teater 4D.

TMII memiliki maskot berupa tokoh wayang hanoman bernama Nitra (Anjani Putra), sedangkan logony adalah huruf TMII yang merupakan singkatan dari Taman Mini Indonesia Indah.

Pemerintah melalui Kemensetneg mengambil alih hak pengelolaan TMII setelah diterbitkannya Perpres Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah.

Sebelumnya, aset milik negara tersebut dikelola Yayasan Harapan Kita selama 44 tahun lamanya.(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:32
KJRI DI SAN FRANSISCO MINTA PEMERINTAH AS TANGANI MARAKNYA AKSI KEKERASAN BERMOTIF RASIAL TERHADAP WARGA ASIA   PRESIDEN JOKOWI: TERORISME LAHIR DARI CARA PANDANG YANG KELIRU, BERTENTANGAN DENGAN NILAI AGAMA   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN PEMERINTAH TAK AKAN BERKOMPROMI DENGAN SIKAP INTOLERANSI DALAM BERAGAMA   PEMERINTAH MEWAJIBKAN PERUSAHAAN SWASTA MEMBAYARKAN THR PENUH PADA LEBARAN TAHUN INI   PT KAI: PENURUNAN TARIF BERLAKU MULAI 9 APRIL 2021 DI SELURUH STASIUN YANG MELAYANI PEMERIKSAAN TES CEPAT ANTIGEN   PT KAI TURUNKAN TARIF PEMERIKSAAN TES CEPAT ANTIGEN DI STASIUN KERETA MENJADI RP 85 RIBU DARI SEBELUMNYA RP 105 RIBU   PT BIO FARMA: SINOPHARM, SPUTNIK V, DAN CANSINO DIGUNAKAN UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG   SATGAS COVID-19 IMBAU WNI DI LUAR NEGERI TUNDA KEPULANGAN KE INDONESIA SELAMA LIBUR LEBARAN YAKNI 6-17 MEI 2021   DINKES SEBUT 98 PERSEN WARGA LANSIA DI JAKPUS SUDAH TERIMA VAKSINASI COVID-19   POLDA METRO JAYA MASIH TUNGGU ATURAN PEMERINTAH TERKAIT ATURAN LARANGAN MUDIK LEBARAN 2021   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: SAAT INI INDONESIA MENEMPATI URUTAN KE-8 VAKSINASI COVID-19 TERCEPAT DI DUNIA   KETUA DPR PUAN MAHARANI MEMINTA PEMERINTAH BERSIKAP KONSISTEN TERKAIT LARANGAN MUDIK LEBARAN TAHUN INI   KOMISI I DPR USULKAN PEMERINTAH BENTUK LEMBAGA INDEPENDEN SEBAGAI PELAKSANA PERLINDUNGAN DATA PRIBADI    KPK EKSEKUSI TERPIDANA KASUS KORUPSI & GRATIFIKASI, EKS BUPATI BOGOR RACHMAT YASIN KE LAPAS SUKAMISKIN