Kompas TV klik360 sinau

Apa Arti KTP-el Berlaku Seumur Hidup? Ini Lho Maksudnya...

Kamis, 8 April 2021 | 13:35 WIB

SOLO, KOMPAS.TV – Setiap warga negara Indonesia (WNI) yang sudah berusia 17 tahun ke atas wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

KTP elektronik atau KTP-el yang dimiliki masyarakat berlaku seumur hidup. Sebenarnya apa arti dari KTP-el berlaku seumur hidup? Bagaimana jika ada tanggal kadaluwarsa di KTP elektronik?

KTP elektronik tetap bisa digunakan meski masa waktu berlakunya sudah habis.

“Bila dalam KTP-el masih ada masa kadaluwarsanya, tidak perlu dicetak ulang. Artinya KTP-nya tetap berlaku. Itulah arti KTP-el berlaku seumur hidup,” ujar Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Zudan Arif Fakrulloh.

Masa berlaku KTP-el diatur dalam Pasal 64 ayat 7(a) dan Pasal 101c UU no. 24 tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Lalu, kapan KTP-el harus diperbarui?

KTP-el perlu diganti atau diperbarui jika mengalami kerusakan sehingga data tidak terbaca, KTP-el hilang, atau ada perubahan data di KTP seperti status perkawinan, pekerjaan, alamat, dan data lainnya.

Jika KTP-el hilang saat di perantauan, maka proses penggantian KTP-el bisa dilakukan di domisili tempat tinggal saat ini.

“Saat ini pencetakan KTP-el yang hilang bisa dilakukan di mana saja, dikenal dengan konsep rekam cetak KTP-el luar domisili,” ujar Zudan Arif Fakrulloh.

Untuk mengganti KTP-el, cukup datang ke Dinas Dukcapil setempat dengan membawa KTP-el yang rusak atau Surat Keterangan Kehilangan dari kepolisian, serta fotokopi Kartu Keluarga.

Seluruh proses penggantian KTP elektronik tidak dipungut biaya alias gratis.(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Viral

Polisi vs Pemudik Adu Pantun

Kamis, 6 Mei 2021 | 15:39 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:01
KOMITE OLIMPIADE INDONESIA (KOI) SEBUT KEBUTUHAN INDONESIA UNTUK OLIMPIADE TOKYO MENCAPAI RP 38 MILIAR   SEBUAH RIG PENGEBORAN MINYAK DI MALAYSIA TENGGELAM, 101 AWAK SELAMAT   BNPB: PENTING UNTUK MENYADARKAN MASYARAKAT TENTANG ADANYA POTENSI BENCANA DI INDONESIA   POLDA METRO JAYA BAGIKAN BANTUAN KEPADA KARYAWAN BUS TERMINAL PULO GADUNG   ASDP MERAK LAKUKAN PENGURANGAN DERMAGA YANG BEROPERASI PADA MASA LARANGAN MUDIK LEBARAN   PEMKOT PONTIANAK IZINKAN SHALAT IDUL FITRI DI MASJID DAN LAPANGAN   WALI KOTA SOLO GIBRAN RAKABUMING PASTIKAN STOK KEBUTUHAN POKOK CUKUP SAMPAI LEBARAN   KEMENAG: SIDANG ISBAT PENENTUAN 1 SYAWAL 1442 HIJRIAH DIGELAR SECARA DARING DAN LURING   KEMENTERIAN PPPA SEBUT PERKEMBANGAN KESETARAAN GENDER DI INDONESIA CENDERUNG MERANGKAK   MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO BERHARAP KONSTRUKSI FISIK PROYEK JALAN TOL AKSES PATIMBAN BISA DIMULAI TAHUN 2022   TINJAU TEMPAT PELELANGAN IKAN DI LAMONGAN, PRESIDEN JOKOWI JANJIKAN SEJUMLAH PERBAIKAN UNTUK NELAYAN   KETUA DPR RI PUAN MAHARANI: TENGGELAMNYA KRI NANGGALA-402 JADI INTROSPEKSI UNTUK SIAPKAN SISTEM PERTAHANAN ANDAL   KETUA DPR RI PUAN MAHARANI TEGASKAN DPR DAN PEMERINTAH BUKA RUANG PARTISIPASI PUBLIK BAHAS RUU PRIORITAS 2021   KPK SAMBUT BAIK PUTUSAN MK SOAL GELEDAH-SITA TAK PERLU IZIN DEWAN PENGAWAS