Kompas TV klik360 cerita indonesia

Meraup Cuan dari Budidaya Bonsai

Kamis, 8 April 2021 | 10:04 WIB

BLITAR, KOMPAS.TV – Andri Eko, pria 31 tahun ini adalah seorang karyawan yang berhasil membudidayakan pohon bonsai di halaman rumahnya.

Ide untuk budidaya tersebut berawal saat dirinya melihat halaman rumahnya yang gersang. Ia kemudian berpikir dan mencari referensi tanaman yang cocok untuk ditanam di pekarangan.

“Aku kepikiran untuk membuat bonsai, nyoba satu dua pohon saya otak atik. Lihat instagram ataupun youtube, ternyata setelah bagus, ada orang bilang ke sini, ternyata minat. Akhirnya saya antusias menghasilkan lebih banyak lagi”, ungkap Andri saat diwawancara Kompas TV (7/4).

Baca Juga: Budidaya Lovebird, Burung Berwarna Indah dan Bersuara Unik, Harganya Puluhan Juta

Kini, ia telah memiliki lebih dari 70 pohon bonsai di pekarangan rumahnya.

Tak lagi hanya sebagai tanam hias di pekarangan rumahnya, kini bonsai tersebut juga sudah menjadi ladang rejeki bagi Andri di tengah pandemi.

Bonsai tersebut dijual dari harga 50 ribu hingga dua juta rupiah per batangnya, tergantun dari bentuk dan ukurannya.

Dalam sebulan, ia mampu meraup keuntungan hingga jutaan rupiah. 

Penulis : Abdur Rahim





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:05
BMKG MEMPREDIKSI MAYORITAS WILAYAH DI JAKARTA CERAH BERAWAN PADA PAGI HINGGA SIANG HARI INI   MENSESNEG JAMIN SELAMA TRANSISI PENGAMBILALIHAN, PARA STAF TMII TETAP BEKERJA SEPERTI BIASA & MENDAPAT HAK   PEMERINTAH AMBIL ALIH PENGELOLAAN TMII DARI YAYASAN HARAPAN KITA DALAM TIGA BULAN KE DEPAN   PEMERINTAH AKAN MEMBERIKAN SUBSIDI ONGKOS KIRIM BELANJA DARING SENILAI RP 500 MILIAR PADA HARBOLNAS LEBARAN   PEMERINTAH OPTIMISTIS INFRASTRUKTUR SIRKUIT MANDALIKA DI LOMBOK TENGAH, NTB, RAMPUNG PADA JULI 2021   POLDA METRO JAYA LARANG KEGIATAN SAHUR ON THE ROAD (SOTR) SELAMA BULAN RAMADAN DI TENGAH PANDEMI    POLDA METRO JAYA SIAPKAN ATURAN DAN UPAYA PENGAMANAN YANG AKAN DILAKUKAN SELAMA BULAN RAMADAN    DISHUB DKI MENYATAKAN JUMLAH PENUMPANG BUS SEKOLAH MAKSIMAL 50 PERSEN DARI KAPASITAS SERTA DUDUK BERJARAK   DISHUB DKI JAKARTA SIAPKAN 50 BUS SEKOLAH SELAMA UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA   KEMENHUB AKAN BERKOORDINASI DENGAN KORLANTAS DALAM MENERAPKAN PENJAGAAN DI SEJUMLAH TITIK   KEMENHUB AKAN KURANGI LAYANAN KERETA API TERKAIT KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK LEBARAN 2021   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.157: 3.242 SEMBUH, 178 MENINGGAL DUNIA, DAN 737 DALAM PERAWATAN   SOAL ATURAN LARANGAN MUDIK, MENHUB BUDI KARYA SUMADI TUNGGU SURAT EDARAN SATGAS COVID-19    WALI KOTA DEPOK IZINKAN IBADAH SHALAT TARAWIH DI MASJID DAN MUSHALA SELAMA BULAN RAMADAN DENGAN TERAPKAN PROKES