Kompas TV nasional sosok

Transformasi Cak Imin ke Gus Ami dan Langkah Menuju Pilpres 2024

Kamis, 8 April 2021 | 05:00 WIB
transformasi-cak-imin-ke-gus-ami-dan-langkah-menuju-pilpres-2024
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Sumber: Tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sapaan "Cak Imin" yang dulu akrab disematkan kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), kini jarang terdengar. Sebab, sejak Muktamar V di Bali tahun 2019 lalu, sapaan "Cak Imin" sudah berganti menjadi "Gus Ami". Ami kependekan dari nama lengkapnya, Abdul Muhaimin Iskandar. 

Perubahan sapaan ini bukan sekadar iseng-iseng, namun punya arti khusus bagi warga PKB. Seperti dituturkan oleh Wasekjen Ahmad Iman. "Banyak aspirasi dari bawah karena banyak orang yang sebenarnya bukan Gus. Cak Imin ini genealoginya benar-benar Gus, tapi malah dipanggil Cak," katanya seperti menyesalkan salah sapa tersebut.

Panggilan "Gus" berarti memiliki darah leluhur sebagai kyai atau ulama dibandingkan "Cak" yang hanya sebatas panggilan buat kakak laki-laki.

Baca Juga: Politikus PKB: Pemerintah Harus Proaktif Hadapi Bencana Alam

 

"Karena itu, para kader saat ini menyuarakan panggilan baru untuk Cak Imin, yaitu Gus Ami," kata Ahmad Iman.

Kini Gus Ami yang juga wakil ketua DPR itu makin rajin bersilaturahmi ke berbagai kalangan. Ketika menghadiri "Muktamar Pemikiran Dosen PMII" di kampus IAIN Tulungagung, Senin (5/4/2021), Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siraj memanggil Gus Ami sebagai calon presiden.

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:56
POLRI KANTONGI IDENTITAS PELAKU PENEMBAKAN 2 GURU DI DISTRIK BEOGA, KABUPATEN PUNCAK, PAPUA   WAGUB NTT JOSEF NAE SOI MINTA PEMDA KABUPATEN DAN KOTA DI NTT SIAPKAN LAHAN RELOKASI WARGA TERDAMPAK BENCANA   SEBANYAK 10 RUMAH SEMIPERMANEN DI JALAN KL YOS SUDARSO, MEDAN BELAWAN, SUMUT, HANGUS TERBAKAR   POLRES TANGERANG KOTA MUSNAHKAN 14.759 BOTOL MIRAS DARI HASIL OPERASI PEKAT JAYA SELAMA 12 HARI   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO MINTA KEPALA DAERAH DI JAWA TENGAH SATU SUARA SOAL LARANGAN MUDIK LEBARAN   POLRES KOTA BOGOR TERJUNKAN 800 PERSONEL UNTUK ANTISIPASI KERUMUNAN DAN LONJAKAN KASUS KORONA DI BULAN RAMADAN   DINAS KETAHANAN PANGAN, KELAUTAN, DAN PERIKANAN DKI: HARGA BAHAN POKOK AKAN NAIK 1-5% PADA AWAL RAMADAN   PEMPROV DKI: MAL TETAP TUTUP PUKUL 21.00 WIB SELAMA RAMADAN, TERMASUK RESTORAN DI DALAMNYA   MUI SARANKAN PASIEN COVID-19 BERGEJALA RINGAN TETAP PUASA   TPU KHUSUS JENAZAH COVID-19 DI SRENGSENG SAWAH, JAGAKARSA, RAMAI DIKUNJUNGI PEZIARAH JELANG RAMADAN   WALI KOTA JAKBAR UUS KUSWANTO INGATKAN WARGA BAWA SAJADAH SENDIRI SAAT SHALAT TARAWIH DI MASJID   PEMKOT SERANG PERSILAKAN WARGA SHALAT TARAWIH DI MASJID, MESKI STATUS KOTA MASIH ZONA ORANYE COVID-19   KEMENKES: ANAK USIA DI BAWAH 10 TAHUN TAK PERLU DIBAWA KE MASJID SELAMA RAMADAN   KEMENKES: VAKSINASI COVID-19 DI BULAN RAMADAN DIGELAR SIANG DAN MALAM HARI SELAMA TIDAK MENGGANGGU IBADAH