Kompas TV entertainment musik

Anji Sebut Cuitan Julian Jacob soal PP Royalti Musik Bisa Sesatkan Masyarakat

Rabu, 7 April 2021 | 21:22 WIB
anji-sebut-cuitan-julian-jacob-soal-pp-royalti-musik-bisa-sesatkan-masyarakat
Anji sebut unggahan Julian Jacob soal royalti bahaya dan sebabkan misleading. (Sumber: Kolase Instagram)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji menegur komentar Julian Jacob soal Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021 tentang Royalti Musik.

Anji menilai, unggahan Julian Jacob soal PP Royalti Musik ini bisa menyesatkan masyarakat lantaran tidak sesuai dengan aturan yang telah tertuang.

"Dear @julianjacs, gak gitu maksudnya PP 56 Tahun 2021. Jika seperti ini bisa misleading. Bahayanya, pernyataan ini diamini beberapa musisi lainnya," tulis Anji dikutip dari akun Instagram @duniamanji, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga: Jarang Manggung dan Tak Dapat Royalti, Pedangdut Lawas Mansyur S Bingung Bayar Listrik

Lebih lanjut lagi, Anji menjelaskan bahwa tidak benar jika toko kecil, warung, kuli bangunan yang sedang kerja dan mendengarkan musik dari artis harus membayar royalti. Ia juga mencantumkan tangkapan layar PP Royalti Musik Pasal 2 dan Pasal 3 ini untuk menjelaskan poin pentingnya.

Meski demikian, Anji sepakat dengan pernyataan Julian Jacob soal "bermusik tak melulu tentang uang". Namun, menurut Anji hak komposer dan semua yang terlibat dalam penciptaan karya musik harus dihargai.

"Tetapi ketika hak komposer tidak dihargai, sebagaimana terjadi di Indonesia sejak dulu, musisi lantas memperjuangkannya," jelas pelantun Bidadari Tak Bersayap ini.

Penulis : Fiqih Rahmawati





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:33
KHAWATIR TERHADAP LONJAKAN KASUS COVID-19 SECARA GLOBAL, TURNAMEN BULU TANGKIS MALAYSIA OPEN 2021 DITUNDA   OLIMPIADE TOKYO BERLANGSUNG MULAI 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   CEGAH TERORISME, PEMERINTAH JEPANG SEBUT ADA ZONA LARANGAN TERBANG DI SEJUMLAH ARENA OLIMPIADE TOKYO   PEMKOT PALEMBANG: SHALAT ID DI RUMAH BERLAKU BAGI WARGA DI ZONA MERAH COVID-19   PEMKOT PALEMBANG IZINKAN WARGA DI WILAYAH ZONA HIJAU COVID-19 GELAR SHALAT ID DI MASJID DENGAN PROKES   WALI KOTA BOGOR: BISA DIBAYANGKAN JIKA TEMPAT WISATA DI JAKARTA DITUTUP SAAT LIBUR LEBARAN, SEMUANYA AKAN KE BOGOR   PEMKOT BOGOR PERTIMBANGKAN TUTUP TEMPAT WISATA SAAT LIBUR LEBARAN 2021   PEMKOT TANGSEL PERKETAT PENERAPAN PROKES DI LINGKUNGAN RUMAH PENYINTAS COVID-19 VARIAN B1617 DI SERPONG UTARA   DISHUB DKI: PERJALANAN MUDIK DILARANG DI WILAYAH AGLOMERASI JABODETABEK, BEKERJA DIPERBOLEHKAN   AIRNAV PASTIKAN VIDEO VIRAL YANG MENAMPILKAN PENERBANGAN MALAM BERISI WNA ADALAH HOAKS   ICW MENANTANG KOMISIONER KPK MENGIKUTI TES WAWASAN KEBANGSAAN DALAM TAHAP PERALIHAN JADI ASN   ICW MINTA PRESIDEN JOKOWI TANGGUNG JAWAB SOAL TES WAWASAN KEBANGSAAN KPK YANG JADI POLEMIK   ICW SOROTI PERBEDAAN PERNYATAAN HAKIM MK SALDI ISRA SOAL BUKTI UJI FORMIL UU KPK   YLBHI MENILAI PRESIDEN JOKOWI BERTANGGUNG JAWAB ATAS UPAYA PELEMAHAN KPK YANG TAMPAK BELAKANGAN INI