Kompas TV nasional hukum

KPK Eksekusi Eks Menpora Imam Nahrawi ke Lapas Sukamiskin Bandung

Kompas.tv - 7 April 2021, 20:35 WIB
kpk-eksekusi-eks-menpora-imam-nahrawi-ke-lapas-sukamiskin-bandung
Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi saat diwawancari media di PN Tipikor Jakarta (11/3/2020) (Sumber: KOMPASTV/ VALEN/ YASIR)
Penulis : Fadhilah | Editor : Deni Muliya

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/4/2021).

Eksekusi tersebut dilakukan oleh jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rusdi Amin dan Josep Wisnu Sigit.

Mereka mengeksekusi berdasarkan putusan MA Nomor 485 K/ Pid.Sus/2021 tanggal 15 Maret 2021 Jo Putusan PN Tipikor pada PT DKI Jakarta Nomor 30/PID.SUS-TPK/2020/PT DKI.JKT tanggal 8 Oktober 2020 Jo Putusan PN Tipikor pada PN Jakarta Pusat Nomor 9/Pid.Sus/TPK/2020/PN. Jkt.Pst tanggal 29 Juni 2020.

Imam Nahrawi telah divonis 7 tahun penjara karena tersandung kasus suap terkait dana hibah dari Kemenpora untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Baca Juga: KPK Ajukan Banding Perkara Terdakwa Imam Nahrawi yang Divonis Hakim 7 Tahun Penjara

"Dengan cara memasukkan terpidana Imam Nahrawi ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IA Sukamiskin untuk menjalani pidana penjara selama 7 tahun dikurangi selama berada dalam tahanan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (7/4/2021).

"Sebelumnya terpidana telah diputus dan dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut," sambung Ali.

Ia mengatakan, Imam Nahrawi juga diwajibkan membayar denda sejumlah Rp 400 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayarkan, diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan.

Selain itu, eks Menpora ini divonis pidana tambahan untuk membayar uang pengganti sejumlah Rp 19.154.203.882.

"Apabila uang pengganti tersebut tidak dibayar paling lama 1 bulan setelah putusan mempunyai kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh jaksa dan dilelang," ucap Ali.

Baca Juga: Imam Nahrawi Bantah Terima Suap Rp 11,5 Miliar Setelah Divonis 7 Tahun Penjara

Jika Imam Nahrawi tidak mempunyai harta yang cukup untuk membayar uang pengganti, ia dipidana dengan pidana penjara selama 3 tahun.

Selain itu, Imam dijatuhi hukuman tambahan berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama 5 tahun terhitung sejak terpidana selesai menjalani pidana pokok.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x