Kompas TV klik360 sinau

Bagaimana Tahapan Vaksinasi Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan?

Rabu, 7 April 2021 | 19:03 WIB

SOLO, KOMPAS.TV – Kementerian Kesehatan mengingatkan masyarakat agar tidak perlu takut melakukan vaksinasi saat berpuasa di bulan Ramadhan.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa bahwa vaksinasi Covid-19 dipastikan tidak membatalkan puasa umat Islam di Indonesia.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, memberikan pernyataan serupa terkait vaksinasi di bulan Ramadhan.

“Proses vaksinasi itu bisa kita lakukan di siang hari pada saat umat muslim menjalankan ibadah Ramadhan. Artinya, pemberian vaksinasi itu tidak membatalkan puasa,” ujarnya dalam konferensi pers virtual pada Minggu (4/4/2021).

Lalu bagaimana tahapan vaksinasi saat puasa Ramadhan?

Vaksinasi di bulan Ramadhan tetap bisa dijalankan pada siang hari. Jika memungkinkan, akan ada penambahan sesi vaksinasi di malam hari.

Pelaksanaan vaksinasi pada malam hari bisa dijalankan melalui pos-pos vaksinasi seperti di masjid atau tempat-tempat ibadah.

Persiapan sebelum vaksinasi

Nadia menuturkan tidak ada persiapan khusus karena tidak ada perbedaan pada proses vaksinasi selama puasa.

Peserta vaksinasi melakukan persiapan sama seperti vaksinasi di hari biasa, yaitu istirahat yang cukup. Sebagai tambahan, Nadia juga meningatkan agar peserta jangan lupa makan sahur sebelum proses penyuntikan vaksin.

Jika terjadi reaksi seperti pusing atau mual, bisa beristirahat dulu usai melakukan vaksinasi.

Nadia menambahkan, pada dasarnya kondisi tubuh saat sedang berpuasa tidak berpengaruh terhadap pemberian vaksinasi.

"Fungsi puasa ini sendiri kan seperti detoksifikasi. Jadi sebenarnya puasa sendiri memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kita," ujarnya.(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:52
TINJAU VAKSINASI COVID-19 DI TANGERANG SELATAN, WAPRES TEGASKAN PEMERINTAH INGIN PERCEPAT “HERD IMMUNITY”   WAPRES MA'RUF AMIN MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 MASSAL YANG DIGELAR DI SPORT CENTER, TANGERANG SELATAN   TIM DENSUS 88 TANGKAP 13 TERDUGA TERORIS DI RIAU YANG MERUPAKAN BAGIAN DARI JARINGAN JEMAAH ISLAMIYAH   PEMKAB PONOROGO BERKOLABORASI DENGAN KEMENSOS UNTUK ATASI MASALAH DISABILITAS INTELEKTUAL    POLISI SEBUT KELUARGA MUSISI ANJI MENGAJUKAN REHABILITASI TERKAIT PENYALAHGUNAAN NARKOBA    POLISI SEBUT MUSISI ANJI MENGAKU MENGONSUMSI NARKOBA SEJAK SEPTEMBER 2020    MUSISI ANJI JADI TERSANGKA KASUS NARKOBA DAN TENGAH DITAHAN DI RUTAN MAPOLRES JAKARTA BARAT    ICW: HUKUMAN JAKSA PINANGKI SEHARUSNYA DIPERBERAT, KARENA TERLIBAT KORUPSI SUAP DAN PENCUCIAN UANG   ICW: PEMANGKASAN VONIS HUKUMAN PINANGKI SIRNA MALASARI OLEH PENGADILAN TINGGI JAKARTA RUSAK AKAL SEHAT PUBLIK    TIGA VARIAN VIRUS KORONA YANG DITEMUKAN DI JAKARTA ASAL INGGRIS, BETA ASAL AFRIKA SELATAN, DAN DELTA ASAL INDIA    KADINKES DKI WIDYASTUTI MENYATAKAN SAAT INI SUDAH DITEMUKAN TIGA VARIAN BARU VIRUS KORONA DI JAKARTA    PT FREEPORT INDONESIA MULAI VAKSINASI COVID-19 UNTUK 38.000 KARYAWAN BESERTA KELUARGA    PEMKAB MADIUN EVAKUASI 89 WARGA DESA BANTENGAN DAN MOJOPURNO YANG POSITIF KORONA KE RSUD DOLOPO    SEBANYAK 89 WARGA DARI 2 DESA DI KECAMATAN WUNGU, MADIUN, POSITIF COVID-19 SETELAH HADIRI HAJATAN PERNIKAHAN