Kompas TV nasional peristiwa

Mabes Polri Tetapkan 3 Polisi Penembak Laskar FPI di Tol Cikampek KM 50 Jadi Tersangka

Rabu, 7 April 2021 | 16:21 WIB

KOMPAS.TV - Penyidik Mabes Polri menetapkan 3 anggota polisi menjadi tersangka kasus penembakan anggota Laskar FPI di KM 50 tol Cikampek.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Rusdi Hartono, menyatakan, penetapan ketiga anggota setelah penyidik melakukan gelar perkara pada Kamis lalu (1/4)

Namun karena salah satu tersangka telah meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal sehingga penyidikan terhadap anggota polisi tersebut dihentikan. Sementara penyidikan terhadap dua tersangka lain dilanjutkan.

"Terkait peristiwa KM 50, di sana ditetapkan 3 anggota Polri sebagai terlapor dan pada hari Kamis kemarin, penyidik telah melaksanakan gelar perkara terhadap peristiwa Km 50 dan kesimpulan dari gelar perkara yang dilakukan maka status dari terlapor 3 tersebut dinaikkan menjadi tersangka. Akan tetapi, ada satu terlapor inisial EPZ meninggal dunia. Berdasarkan 109 KUHP, karena yang bersangkutan meninggal dunia, maka penyidikannya langsung dihentikan," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono, di Mabes Polri, Selasa (6/4/2021).

Rusdi enggan membeberkan inisial kedua polisi yang jadi tersangka. 

"Kita tunggu saja, tugas yang dilaksanakan penyidik untuk dapat menuntaskan kasus Km 50 ini secara profesional, transparan, dan akuntabel," tegas Rusdi.

Sebelumnya, Komnas HAM menyatakan bahwa ada peristiwa pelanggaran hak asasi dalam penembakan 6 anggota Laskar FPI di KM 50 tol cikampek.

Kesimpulan Komnas HAM diperoleh dari penyelidikan dan reka ulang.

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:44
SELAIN KE PELABUHAN BAKAUHENI, KETUA DPR JUGA MENINJAU PELABUHAN MERAK, BANTEN, DAN TOL PEJAGAN, JAWA TENGAH   KETUA DPR PUAN MAHARANI AKAN TINJAU LANGSUNG LOKASI PENYEKATAN PEMUDIK DI PELABUHAN BAKAUHENI, LAMPUNG   PANGLIMA TNI DAN KAPOLRI TINJAU LOKASI PENYEKATAN MUDIK 2021 DI PELABUHAN BAKAUHENI DAN MERAK   CEGAH PENYEBARAN COVID-19, CANDI BOROBUDUR TUTUP SEMENTARA UNTUK KUNJUNGAN WISATAWAN HINGGA 17 MEI 2021   BADAN KETAHANAN PANGAN KEMENTAN JAMIN STOK DAGING SAPI UNTUK LEBARAN AMAN   JELANG IDUL FITRI, KKP SIAPKAN STIKER KHUSUS UNTUK JAMIN KELANCARAN LOGISTIK SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN    PEMKAB REJANG LEBONG ANCAM CABUT IZIN PARIWISATA YANG MELANGGAR KETENTUAN PENUTUPAN SELAMA LIBUR LEBARAN    PEMKAB BANYUMAS IZINKAN OBYEK WISATA TETAP BUKA SAAT LIBUR LEBARAN DENGAN SYARAT PENERAPAN PROKES KETAT   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: JIKA MUTASI VIRUS KORONA DIBIARKAN, BISA BERDAMPAK BURUK BAGI PENANGANAN PANDEMI    PEMPROV DKI JAKARTA TERIMA 1.025 PERMOHONAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) SEJAK MASA LARANGAN MUDIK   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: TEMPAT WISATA YANG BUKA SAAT LEBARAN WAJIB BATASI PENGUNJUNG DAN JAM OPERASIONAL   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO MINTA MASYARAKAT TAK LAGI MEMBUAT KERUMUNAN DI MASA PANDEMI    KAPASITAS PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN ATAU MAL DI DEPOK SELAMA LIBUR LEBARAN DIBATASI MAKSIMUM 30 PERSEN   KETUA SATGAS DONI MONARDO: KALAU TAK HATI-HATI, KASUS COVID-19 BISA TIBA-TIBA MELEDAK