Kompas TV klik360 cerita indonesia

Negara Resmi Ambil Alih Pengelolaan TMII dari Keluarga Soeharto

Rabu, 7 April 2021 | 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021 tentang Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Hal itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam konferensi pers virtual pada Rabu (7/4/2021).

"Presiden telah menerbitkan Perpres Nomor 19 Tahun 2021 tentang TMII. Yang di dalamnya mengatur penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg," ujar Pratikno.

Dia mengungkapkan, terbitnya Perpres ini dilatarbelakangi masukan banyak pihak soal TMII. Salah satunya rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Menurut Keppres itu, TMII merupakan milik negara Republik Indonesia yang tercatat di Kemensetneg yang pengelolaannya diberikan kepada Yayasan Harapan Kita. Sudah hampir 44 tahun Yayasan Harapan Kita mengelola milik negara ini," ungkap Pratikno.

Pratikno menambahkan, dengan adanya Perpres Nomor 19 Tahun 2021 ini, maka berakhir pula pengelolaan TMII yang selama ini dilakukan oleh Yayasan Harapan Kita.

"Berhenti pula pengelolaan yang selama ini dilakukan Yayasan Harapan Kita," katanya. 

Video editor: Febi

Baca Juga: Tiga Anak Soeharto Digugat Perusahaan Asal Singapura

Penulis : Laura Elvina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:44
KUNJUNGI PASAR INDUK KRAMAT JATI, MENDAG MUHAMMAD LUTFI PASTIKAN PASOKAN DAN HARGA STABIL JELANG RAMADAN   MANCHESTER CITY RUGI RP 2,5 TRILIUN DALAM SETAHUN AKIBAT PANDEMI COVID-19   PEMERINTAH CEKO BAKAL BUKA KEMBALI SEKOLAH DASAR DAN TOKO-TOKO TERTENTU PADA PEKAN DEPAN   PULUHAN PERAHU NELAYAN DI TAKALAR, SULSEL, RUSAK DIHANTAM BADAI GELOMBANG LAUT SAAT MENCARI IKAN   WABUP LEMBATA THOMAS OLA LANGODAY: 34 ORANG MENINGGAL AKIBAT BANJIR DAN LONGSOR, 35 LAINNYA MASIH DALAM PENCARIAN   PEMKOT DEPOK TETAP GELAR VAKSINASI COVID-19 SELAMA RAMADAN   PEMERINTAH BELUM TETAPKAN BIAYA PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI TAHUN INI   INDONESIA DAN 19 NEGARA LAIN BELUM DIBERIKAN AKSES UNTUK MENGIRIMKAN CALON JEMAAH IBADAH UMRAH   ARAB SAUDI BERENCANA BUKA IBADAH UMRAH SECARA TERBATAS PADA AWAL RAMADAN   MAJELIS HAKIM PN JAKARTA TIMUR TOLAK EKSEPSI RIZIEQ SHIHAB DALAM KASUS DUGAAN PEMALSUAN TES USAP DI RS UMMI BOGOR   PEMERINTAH SIAPKAN RP 15,36 TRILIUN SEBAGAI BLT UNTUK 12,8 JUTA PELAKU UMKM   BI MENCATAT JUMLAH CADANGAN DEVISA INDONESIA SEBESAR 137,1 MILIAR DOLLAR AS PADA MARET 2021   PRESIDEN JOKOWI MINTA ORMAS KEAGAMAAN SEBAR KEDAMAIAN, DUKUNG PERSATUAN, DAN MENOLAK KEKERASAN   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: VAKSIN COVID-19 BUATAN ASTRAZENECA AMAN, BOLEH, DAN WAJIB BAGI MUSLIM