Kompas TV regional berita daerah

Walikota Samarinda Dukung DOB Tetap Berjalan

Kompas.tv - 6 April 2021, 23:44 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Pertemuan dewan presidium DOB Samarinda Seberang bersama walikota Samarinda dan sejumlah anggota DPRD Samarinda membahas perkembangan pembentukan daerah otonomi baru atau DOB Samarinda Seberang. 

Walikota Samarinda pun menyambut baik dan memberikan langkah-langkah, agar tim DOB Samarinda tetap jalan sesuai rencana. 

Meski demikian,  walikota mengingatkan bahwa presiden Joko Widodo telah memperpanjang memoratorium, kecuali bagi daerah yang dianggap sangat urgensi. 

Dewan presidium DOB Samarinda Seberang pun sangat optimis jika mendapatkan restu dari pemerintah Kota Samarinda dan pemerintah Provinsi Kaltim.

Dukungan pemekaran wilayah itu, memiliki alasan yang kuat yaitu Samarinda Seberang dan Palaran mempunyai potensi yang terbilang sangat cukup, termasuk sumber daya alam, infrastruktur penunjang cukup banyak, beberapa rumah sakit, beberapa perguruan tinggi swasta maupun negeri.

Bahkan pemekaran ini akan menunjang sebagai penyangga ibu kota negara nanti. 

Dengan harapan agar masyarakat, mendapatkan jalur akses pelayanan publik yang mudah dan pembangunan menjadi lebih cepat.

Hasil dari pertemuan tersebut, telah mendapatkan respon yang baik oleh walikota Samarinda.

Terlebih Andi Harun akan mengusulkan kepada pemerintah,  untuk mengadakan kajian akademik, bersertifikasi internasional untuk memperkuat hasil kajian tersebut.

Bahkan, Andi Harun telah menyiapkan anggaran khusus kajian akademis DOB, serta memberikan semangat bagi tim presidium DOB Samarinda Seberang tetap berjalan untuk untuk melengkapi semua persyaratan di kemendagri.

Sementara itu, dewan presidium DOB Samarinda Jaffar Abdul Ghaffar menganggap respon walikota Samarinda sebagai bentuk perhatian untuk kemajuan kesejahteraan warga Samarinda Seberang.

Kini, dewan presidum telah membentuk tim kerja untuk melengkapi persyaratan administrasi.  

Termasuk pemekaran kecamatan, serta menjalankan kajian akademisnya yang bekerjasama dengan universitas mulawarman.

#DOBSamarindaSeberang#WalikotaSamarinda#KajianAkademis



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x