Kompas TV nasional berita utama

Komnas HAM: dari 4 Rekomendasi Kasus Penembakan Laskar FPI, Baru Satu yang Dijalankan

Selasa, 6 April 2021 | 22:17 WIB
komnas-ham-dari-4-rekomendasi-kasus-penembakan-laskar-fpi-baru-satu-yang-dijalankan
Komnas HAM menunjukan sejumlah barang bukti proyektil dan selongsong pelurui hasil penyelidikan kasus penembakan 6 laskar FPI. (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Chairul Anam mengatakan Polri baru melaksanakan satu dari 4 rekomendasi mereka terkait kasus penembakan 6 anggota laskar FPI.

Anam menyampaikan hal itu dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI dengan Komnas HAM di Senayan, Jakarta Pusat Selasa (6/4/2021).

“Dari empat rekomendasi itu baru satu rekomendasi yang kelihatan jalan, yang tiga rekomendasi belum,” ujar Anam, dikutip dari Tribunnews.

Baca Juga: Penyidik Bareskrim Tetapkan 2 Polisi Sebagai Tersangka Kasus Penembakan Laskar FPI

Anas membeberkan, Polri belum menjalankan rekomendasi yang berhubungan dengan proses hukum dan senjata api dalam insiden di Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 50.

“Dua rekomendasi terkait kasus, satunya terkait proses, duanya terkait senjata api. Terus terkait mobil dan terkait proses akuntabel, proses akuntabel itu beberapa kali kami bilang tolong manajemen penegakan hukumnya akuntabel. Sehingga publik prosesnya menjadi lebih bagus, itu terakhir kami komunikasikan dengan Dirpidum Bareskrim yang nanganin,” kata Anam.

Ia pun mendesak Polri menjalankan seluruh rekomendasi Komnas HAM. Anam juga menyebut Polri lambat menjalankan rekomendasi itu karena sudah lewat lebih dari sebulan.

Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:44
KETUA DPP PDI-P AHMAD BASARAH MENYATAKAN PARTAINYA TOLAK WACANA MASA JABATAN PRESIDEN TIGA PERIODE   MENTERI BUMN ERICK THOHIR BERHARAP LAMPUNG JADI TUJUAN PARIWISATA NASIONAL   MENTERI BUMN ERICK THOHIR MENDAPAT GELAR ADAT KEHORMATAN DARI MARGA DANTARAN, LAMPUNG    MENSOS TRI RISMAHARINI TARGETKAN PEMBANGUNAN RUSUNAWA UNTUK PMKS DI KOTA BEKASI BISA SELESAI AKHIR TAHUN INI   KEMENKES MINTA DINKES KABUPATEN/KOTA DI WILAYAH BANDUNG RAYA DAN BODETABEK GENCARKAN VAKSINASI COVID-19    HINGGA SAAT INI BARU 11,4 PERSEN WARGA BRASIL YANG TELAH MENJALANI VAKSINASI COVID-19 SECARA PENUH   PRESIDEN BRASIL JAIR BOLSONARO DIDEMO SETELAH KASUS KEMATIAN PASIEN COVID-19 TEMBUS 500.000 JIWA    SATGAS: DALAM SEHARI, 13 WARGA KABUPATEN INDRAMAYU, JABAR, YANG TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 MENINGGAL DUNIA   KAPOLDA METRO JAYA PERINTAHKAN JAJARAN KAPOLSEK BATASI KEGIATAN MASYARAKAT DI ZONA ORANYE COVID-19   KAPOLDA METRO JAYA IRJEN FADIL IMRAN ANCAM BUBARKAN WARGA YANG BERKERUMUN DI ZONA ORANYE COVID-19 DKI JAKARTA   SATGAS: PENAMBAHAN KASUS AKTIF COVID-19 DI INDONESIA DALAM ENAM HARI TERAKHIR MENCAPAI 22.350    PRESIDEN JOKOWI IMBAU MASYARAKAT TETAP PATUH PROTOKOL KESEHATAN AGAR PANDEMI COVID-19 SEGERA TERKENDALI   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP “HERD IMMUNITY” DI INDONESIA DAPAT SEGERA TERBENTUK   HINGGA SAAT INI, INDONESIA TELAH MENERIMA SEBANYAK 104.728.400 DOSIS VAKSIN DARI SINOVAC, ASTRAZENECA, DAN SINOPHARM