Kompas TV regional berita daerah

Pohon Tumbang Rusak Belasan Rumah Warga Di Gowa dan Makassar

Kompas.tv - 6 April 2021, 15:47 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

GOWA, KOMPAS.TV - Puluhan pohon tumbang akibat hujan deras di serta angin kencang, melanda kabupaten gowa. Belasan rumah juga rusak tertimpa pohon.

Hujan deras disertai anging kencang, pad jumat kemarin, menyebabkan 20 titik lokasi pohon tumbang di kecamatan somba opu, kabupaten gowa. Pohon tumbang juga menyebabkan sejummlah kabel listrik putus, dan  belasan rumah warga mengalami kerusakan. Warga setempat secara bersama membersihkan material pohon tumbang menggunakan  gergaji mesin, dan peralatan seadanya.

Adapun 7 pohon yang tumbang yakni di samping rumah jabatan Gubernur Sulsel Jl Sungai Saddang, Jl Rajawali, Jl Dangko, Jl Raya Pendidikan, Kompleks Pemda, Jl Landak, dan di Taman Macan 

“Inilah mungkin bisa perhatian khusus, karena cuaca ekstrem terjadi hampir setiap tahun. Memang peran petugas pemangkasan pohon menjadi penting, karena masyarakat ingin cepat mendapat respon apalagi pohon mengganggu arus lalu lintas," kata Iman.

Iman Hud mengungkapkan, jika personilnya yang bertugas sebagai pemangkas dan pemotong pohon terbatas. Demikian pula dengan peralatan yang dimilikinya sangat terbatas, sehingga penanganan agak lambat.

“Jadi kalau bersamaan 7 pohon tumbang, tidak mungkin  bisa diselesaikan dengan cepat secara bersamaan. Ini kan di Kota Makassar banyak pohon, baik milik pemerintah maupun milik pribadi warga. Bahkan masih banyak pohon berukuran besar yang telah ada pada zaman penjajahan Belanda, membuat kesulitan memotong ataupun mengevakuasi dari jalanan. Sehingga butuh alat berat untuk mengangkatnya yang beratnya hingga ratusan kilogram,” jelasnya.

Iman Hud berharap, petugas pemangkasan dan pemotongan pohon tergabung dalam klaster Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) yang sudah terbagi di beberapa wilayah di Kota Makassar. Selain itu juga, kecamatan bisa merekrut petugas pemangkasan ataupun pemotongan pohon.rgaji mesin, dan peralatan seadanya.

#POHONTUMBANG
#CUACABURUK
#PEMKABGOWA



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.