Kompas TV nasional wawancara

Bappenas: IKN adalah Playground untuk Menggerakan Ekonomi

Kompas.tv - 6 April 2021, 14:06 WIB
Penulis : Natasha Ancely

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan kepala Bappenas Suharso Monoarfa kepada Harian Kompas menyebut, pemindahan ibu kota menjadi bagian strategis untuk mengatasi dampak wabah global.

"Pemindahan ibu kota negara adalah aglomerasi dari kelima strategi lain sehingga dari segi magnitude dampaknya saya kira lebih besar"

Sebelumnya Bappenas telah mencanangkan strategi pendorong transformasi ekonomi Indonesia di 2021 yaitu dengan meciptakan sumber daya manusia yang bersaing, meningkatkan produktivitas ekonomi, transformasi digital, integrasi ekonomi domestik, serta pemindahan ibu kota sebagai sumber pertumbuhan dan penyeimbang ekonomi antar wilayah.

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, IKN dibentuk untuk merecovery ekonomi.

“Kita ingin melakukan ekonomi recovery, di dalam langkah ekonomi recovery tentu kita memerlukan sebuh playground bagi para pengusaha, salah satunya kita ciptakan itu di ibu kota negara yang baru” ujar Suharso Monoarfa.

Suharso Monoarfa menyebut, IKN adalah playground untuk menggerakan ekonomi.

Sebelumnya, Jumat (02/04/2021) lalu melalui akun media sosial miliknya, Presiden Jokowi membagikan pradesain ibu kota baru termasuk didalamnya desain istana negara karya seniman patung Nyoman Nuarta.

Keinginan Presiden Joko Widodo untuk segara memindahkan ibu kota negara ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur kian bulat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x