Kompas TV nasional sosok

Cendekiawan Daniel Dhakidae Meninggal di Usia 76 Tahun

Kompas.tv - 6 April 2021, 11:52 WIB
cendekiawan-daniel-dhakidae-meninggal-di-usia-76-tahun
Akademisi dan mantan Kepala Litbang Kompas Daniel Dhakidae (Sumber: KOMPAS/WISNU WIDIANTORO)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPASTV - Daniel Dhakidae, seorang cendekiawan ulung dan juga mantan Kepala Litbang Kompas  meninggal dunia pada Selasa (6/4/2021) di usia 76 tahun.

Daniel mengembuskan napas terakhir di RS MMC Kuningan, Jakarta pukul 07.24 WIB setelah dilarikan ke rumah sakit akibat serangan jantung yang terjadi pada Selasa dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Daniel Dhakidae merupakan sosok yang sangat berjasa di dunia akademisi Indonesia dan media massa. Semasa hidupnya ia mendalami studi media dan demokrasi khususnya terkait dengan kekuasaan.

Baca Juga: Satu Lagi Ulama Berpulang, Pimpinan Ponpes Al-Istiqlaliyah KH Uci Thurtusi Meninggal Dunia

Sejumlah tokoh ikut mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga lewat akun sosial media

"Requiescat In Pace Bung Daniel Dhakidae. Persahabatan intelektual kita tak pernah berakhir. Terima kasih semua karya intelektualmu Bung, juga canda tawa dan kegigihanmu kala berdebat. Salam demokrasi, kami berkeras menjaga demokrasi, mendemokratisasikan demokrasi," tulis juru bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman, dalam akun Twitternya @fadjroeL.

Ucapan duka juga datang dari putri Gus Dur, Alissa Wahid. Diketahui, Daniel sering menjadi teman diskusi Gus Dur sejak muda.

"Sedih sekali atas berpulangnya pak Daniel Dhakidae, teman diskusi #GusDur sejak muda. Wawasan Beliau tentang demokrasi berangkat dari pengalaman sangat panjang menjalani proses demokratisasi negeri ini," tulis Alissa Wahid di akun Twitternya @AlissaWahid.

Rencananya, jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Proses Evakuasi Korban Bencana di NTT dan NTB Dipercepat


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.