Kompas TV nasional sapa indonesia pagi

Kepala Bappenas Yakin Pemindahan Ibu Kota Picu Pemulihan ekonomi

Kompas.tv - 6 April 2021, 08:39 WIB
kepala-bappenas-yakin-pemindahan-ibu-kota-picu-pemulihan-ekonomi
Tangkapan layar dari akun Twitter Presiden Joko Widodo terkait pra-desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur. (Sumber: akun Twitter @jokowi )
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perencanaan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19. Melalui wawancara dengan Kompas TV, Selasa (6/4/2021),  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, mengatakan bahwa pembangunan IKN justru dibutuhkan karena adanya pandemi. 

"Pemindahan ibukota justru semakin dibutuhkan karena adanya pandemi. Sebenarnya jika ingin melakukan pemulihan ekonomi maka membutuhkan "playground", salah satunya adalah IKN yang diciptakan untuk menggerakan ekonomi dan menggerakan industri lain," kata Suharso Monoarfo.

Suharso juga menyebut pembangunan IKN setidaknya akan menyerap 500.000 lapangan kerja. 

"Hal ini tentu sesuatu yang berharga di saat-saat (pandemi) ini. Ini mengembalikan jam kerja yang hilang dan menciptakan lapangan kerja baru. Investasinya juga begitu luas, ada air bersih, listrik, pembangunan gedung, jalan, dan banyak fasilitas pendukung lainnya. Ada kawasan komersil, pendidikan, dan kesehatan di sana," jelas Suharso. 

Suharso juga menekankan bahwa disiplin perencanaan dan pembangunan adalah hal yang sangat penting. Pemerintah ingin menawarkan sebuah kota yang ramah lingkungan dan melakukan reforestasi, tidak justru merusak hutan. 

"Kami ingin membangun kota yang juga melindungi satwa di sana. Harus bisa menjaga build up areanya sedemikian rupa. Regulasi harus ketat terkait disiplin perencanaan," kata Suharso. 

Pembangunan IKN juga diharapkan dapat memicu perkembangan daerah penunjang di sekitarnya yakni Balikpapan dan Samarinda. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x