Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Meksiko: Saya Tak Perlu Divaksinasi, Antibodi Saya Masih Tinggi Sejak Terinfeksi Covid-19

Selasa, 6 April 2021 | 05:50 WIB
presiden-meksiko-saya-tak-perlu-divaksinasi-antibodi-saya-masih-tinggi-sejak-terinfeksi-covid-19
Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador dan istrinya Beatriz Gutierrez saat meninggalkan Istana Nasional di Mexico City, Meksiko, Selasa (30/3/2021). (Sumber: AP Photo/Eduardo Verdugo)

MEXICO CITY, KOMPAS.TV – Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador (67) pada Senin (5/4/2021) menyatakan tak akan disuntik vaksin Covid-19. Ini lantaran tim dokter sang presiden menyebut dirinya masih memiliki tingkat antibodi yang tinggi sejak ia terinfeksi Covid-19 pada Januari lalu.

“Saya memiliki tingkat antibodi yang cukup dan saat ini tidak perlu divaksinasi,” ujar Lopez Obrador seperti dilansir dari The Associated Press.

Baca Juga: Positif Covid-19, Presiden Meksiko Tetap Optimistis Bisa Melaluinya

Lopez Obrador dijadwalkan mendapat suntikan vaksin AstraZeneca pada pekan lalu. Sang presiden berulang kali menyatakan bahwa ia akan menunggu hingga tiba gilirannya untuk divaksinasi, dan tidak ingin momen itu menjadi sorotan. Pada akhir Maret, Lopez Obrador mengatakan bahwa ia akan divaksinasi manakala seluruh warga di atas 60 tahun di kawasan pusat Mexico City telah mendapat dosis pertama vaksin mereka.

Namun, tim dokter kedua tempat ia berkonsultasi, mengatakan padanya bahwa sang presiden tak perlu divaksinasi. Meskipun begitu, tak tertutup kemungkinan bahwa Lopez Obrador akan menerima vaksinasi lanjutan dosis kedua pada Juni mendatang.

Baca Juga: Amerika Serikat Tangkap Ratu Narkoba Meksiko, Istri El Chapo

Sejauh ini, Meksiko telah menerima 14,7 juta dosis dari sejumlah merk vaksin Covid-19, dan telah menggunakan hampir 9 juta dosis. Jumlah ini masih terbilang kecil dibandingkan jumlah populasi negara itu yang mencapai hingga 126 juta jiwa.

Penulis : Vyara Lestari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:10
KHAWATIR TERHADAP LONJAKAN KASUS COVID-19 SECARA GLOBAL, TURNAMEN BULU TANGKIS MALAYSIA OPEN 2021 DITUNDA   OLIMPIADE TOKYO BERLANGSUNG MULAI 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   CEGAH TERORISME, PEMERINTAH JEPANG SEBUT ADA ZONA LARANGAN TERBANG DI SEJUMLAH ARENA OLIMPIADE TOKYO   PEMKOT PALEMBANG: SHALAT ID DI RUMAH BERLAKU BAGI WARGA DI ZONA MERAH COVID-19   PEMKOT PALEMBANG IZINKAN WARGA DI WILAYAH ZONA HIJAU COVID-19 GELAR SHALAT ID DI MASJID DENGAN PROKES   WALI KOTA BOGOR: BISA DIBAYANGKAN JIKA TEMPAT WISATA DI JAKARTA DITUTUP SAAT LIBUR LEBARAN, SEMUANYA AKAN KE BOGOR   PEMKOT BOGOR PERTIMBANGKAN TUTUP TEMPAT WISATA SAAT LIBUR LEBARAN 2021   PEMKOT TANGSEL PERKETAT PENERAPAN PROKES DI LINGKUNGAN RUMAH PENYINTAS COVID-19 VARIAN B1617 DI SERPONG UTARA   DISHUB DKI: PERJALANAN MUDIK DILARANG DI WILAYAH AGLOMERASI JABODETABEK, BEKERJA DIPERBOLEHKAN   AIRNAV PASTIKAN VIDEO VIRAL YANG MENAMPILKAN PENERBANGAN MALAM BERISI WNA ADALAH HOAKS   ICW MENANTANG KOMISIONER KPK MENGIKUTI TES WAWASAN KEBANGSAAN DALAM TAHAP PERALIHAN JADI ASN   ICW MINTA PRESIDEN JOKOWI TANGGUNG JAWAB SOAL TES WAWASAN KEBANGSAAN KPK YANG JADI POLEMIK   ICW SOROTI PERBEDAAN PERNYATAAN HAKIM MK SALDI ISRA SOAL BUKTI UJI FORMIL UU KPK   YLBHI MENILAI PRESIDEN JOKOWI BERTANGGUNG JAWAB ATAS UPAYA PELEMAHAN KPK YANG TAMPAK BELAKANGAN INI