Kompas TV internasional kompas dunia

Tandatangani Perubahan Undang-Undang, Putin Bisa Berkuasa Dua Kali Lagi

Selasa, 6 April 2021 | 05:00 WIB
tandatangani-perubahan-undang-undang-putin-bisa-berkuasa-dua-kali-lagi
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Sumber: Associated Press)

MOSKOW, KOMPAS.TV – Presiden Rusia Vladimir Putin (68) pada Senin (5/4/2021) menandatangani undang-undang yang memungkinkannya untuk memegang kekuasaan hingga 2036. Dilansir dari The Associated Press pada Selasa (6/4/2021), langkah ini meresmikan perubahan konstitusi yang disahkan dalam pemungutan suara tahun lalu.

Ketentuan mengatur ulang batas masa jabatan Putin sebelumnya ini termasuk dalam pemungutan suara konstitusional pada 1 Juli tahun lalu. Perubahan ini memungkinkan Putin mencalonkan diri sebagai presiden sebanyak dua kali lagi. Perubahan itu disahkan oleh badan legislatif yang dikendalikan Kremlin, dan undang-undang terkait yang ditandatangi oleh Putin diunggah di portal resmi informasi hukum pada Senin (5/4/2021).

Baca Juga: Wow, Vladimir Putin Terpilih Sebagai Pria Paling Seksi Rusia

Terkait pertanyaan tentang apakah akan kembali mencalonkan diri lagi saat masa jabatan 6 tahunannya berakhir, Putin yang telah memegang kekuasaan selama lebih dari dua dekade – lebih lama dari pemimpin Kremlin lainnya sejak diktator Soviet Josef Stalin – menyatakan bahwa ia akan memutuskan nanti.

Menurut Putin, mengatur ulang masa jabatannya diperlukan agar para letnannya tetap fokus pada pekerjaan mereka, alih-alih sibuk melirik ke sana kemari mencari sosok suksesor pengganti Putin.  

Baca Juga: Putin Sebut Rusia Akan Capai Kekebalan Kelompok Atas Covid-19 di Akhir Musim Panas Tahun Ini

Perubahan konstitusional itu juga menekankan keutamaan hukum Rusia di atas norma-norma internasional, melarang pernikahan sesama jenis dan menyebut “kepercayaan kepada Tuhan” sebagai nilai inti. Hampir 78% pemilih menyetujui perubahan konstitusional selama pemungutan suara yang berlangsung selama seminggu dan berakhir pada  1 Juli lalu. Jumlah pemilih sendiri sebanyak 68%.

Penulis : Vyara Lestari





BERITA LAINNYA


Sosial

4 Pintu Tol di Malang Disekat

Kamis, 6 Mei 2021 | 21:51 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
22:03
DISNAKERTRANS JATENG TERIMA ADUAN KARYAWAN DARI 54 PERUSAHAAN TERKAIT PEMBAYARAN THR   DITJEN DIKTI KEMENDIKBUD: INDONESIA BARU MEMILIKI 2.671 INSINYUR PER 1 JUTA PENDUDUK   INDONESIA TELAH MENERIMA 1 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 SINOPHARM, SETENGAHNYA DONASI DARI UNI EMIRAT ARAB   SOPIR "DUMP TRUK" YANG MENABRAK 3 PENGENDARA MOTOR DI MAUMERE, NTT, MENINGGAL DUNIA AKIBAT DIAMUK MASSA   PROVINSI NTT CATAT REKOR TERTINGGI HARIAN WARGA MENINGGAL AKIBAT COVID-19 DENGAN 17 KASUS, TOTAL 422 ORANG   PT BTN BERI AKSES KREDIT KPR KE 1,6 JUTA SATPAM YANG TERGABUNG DI ASOSIASI BADAN USAHA JASA PENGAMANAN INDONESIA   PEMERINTAH KAJI KENAIKAN PLAFON KUR LEWAT SKEMA KHUSUS DARI RP 500 JUTA MENJADI RP 20 M   PHRI: 85% HOTEL DI KABUPATEN BOGOR SUDAH TERSERTIFIKASI PROTOKOL KESEHATAN CHSE   PT TOTAL OIL INDONESIA TUTUP SEMUA SPBU-NYA DI JABODETABEK DAN BANDUNG   SEBANYAK 17 KENDARAAN ASAL JATIM YANG MASUK KE BLORA, JATENG, DIPUTAR BALIK PADA HARI PERTAMA LARANGAN MUDIK   POLDA JABAR: 5.000 KENDARAAN DIPUTAR BALIK DI HARI PERTAMA KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK   POLISI TANGKAP 14 TRAVEL GELAP YANG NEKAT ANGKUT PEMUDIK DI WILAYAH KOTA BEKASI   SATGAS COVID-19 MINTA PERUSAHAAN ANGKUTAN UMUM KEMBALIKAN PEMUDIK YANG NEKAT KE TEMPAT ASALNYA   ANGGOTA KOMISI I DPR BOBBY RIZALDI MENILAI PELABELAN TERORIS TERHADAP KKB TAK AKAN BERMASALAH DI DUNIA INTERNASIONAL