Kompas TV regional berita daerah

DOB Samarinda Seberang Solusi Percepatan Kesejahteraan Rakyat

Selasa, 6 April 2021 | 00:43 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Dr Muhammad Noor yang juga sebagai dekan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, akhirnya berkomentar terkait ramainya rancangan kawasan DOB Samarinda Seberang.

Bahkan kini, isu daerah otonomi baru di kawasan Samarinda Seberang sedang dalam proses pembentukan. 

Tujuannya, untuk pengembangan kota dan potensi daerah, meski harus melalui proses yang panjang.

Hasil kajian sementara, daerah otonomi baru ini dibentuk atas dasar untuk mensejahterakan masyarakat dan melihat potensi yang berada di Samarinda Seberang yang dapat dikembangkan.

Muhammad Noor mengatakan, jika Samarinda Seberang merupakan daerah penopang utama dari Kota Samarinda,pemekaran wilayahnya pun tetap harus memperhatikan dampak terhadap potensi yang terdapat di wilayah induk.

Bahkan, jika pembentukan daerah otonomi baru Samarinda Seberang, juga akan membantu untuk mempercepat mobilitas potensi daerah tersebut.

Namun, prosesnya akan panjang mengingat persyaratan yang harus dipenuhi baik persyaratan wilayah maupun administratif yang masih dalam proses.

Dekan fisip unmul menyebutkan, jika selain persyaratan wilayah juga ditentukan oleh persetujuan pimpinan-pimpinan daerah bersama dengan DPRD yang diseleksi dengan ketat.

Ia berharap persyaratan pemekaran DOB dapat segera terpenuhi dan Samarinda Seberang dapat berkembang bersama-sama dengan Kota Samarinda, sesuai dengan perkiraan yang menjadi salah satu alasan pembentukan rancangan pemekaran daerah otonomi baru.

#DOBSamarindaSeberang#WilayahPemekaran#PotensiDaerah

Penulis : KompasTV Tenggarong





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:45
PEBALAP RED BULL F1 MAX VERSTAPPEN RAIH “POLE POSITION” DI SIRKUIT PAUL RICARD, PERANCIS   TIMNAS POLANDIA TAHAN IMBANG SPANYOL DENGAN SKOR 1-1 DI LAGA LANJUTAN GRUP E PIALA EROPA 2020   PELATIH JERMAN JOACHIM LOEW APRESIASI ANAK ASUHNYA BERMAIN CEMERLANG SAAT JAMU PORTUGAL DI ALLIANZ ARENA   PELATIH FERNANDO SANTOS NYATAKAN BERTANGGUNG JAWAB PENUH ATAS KEKALAHAN PORTUGAL 4-2 SAAT KONTRA JERMAN   MEMPHIS DEPAY RESMI GABUNG BARCELONA DENGAN DURASI KONTRAK HINGGA 2023   PERTEMPURAN TERJADI ANTARA PASUKAN PEMERINTAH DAN PEMBERONTAK DI YAMAN, 47 ORANG MENINGGAL DUNIA   BRASIL CAPAI 500.000 KEMATIAN AKIBAT VIRUS COVID-19, TERTINGGI KEDUA SETELAH AMERIKA SERIKAT   PEMERINTAH AMERIKA SERIKAT SUMBANGKAN 2,5 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 KE TAIWAN   BMKG: GEMPA MAGNITUDO 5,4 TERJADI DI BENGKULU SELATAN, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   KEJAKSAAN AGUNG APRESIASI KBRI DAN KEMENLU YANG BEKERJA SAMA DENGAN PEMERINTAH SINGAPURA UNTUK PULANGKAN ADELIN LIS   ADELIN LIS AKAN JALANI KARANTINA SELAMA 14 HARI DI RUTAN KEJAKSAAN AGUNG, SALEMBA, JAKARTA PUSAT   ADELIN LIS DITANGKAP KEJAKSAAN AGUNG DI SINGAPURA SETELAH BURON 13 TAHUN ATAS KASUS PEMBALAKAN LIAR   POLRES TANGSEL TARGETKAN 12.000 ORANG DIVAKSINASI COVID-19 HINGGA AKHIR JUNI   GUBERNUR ANIES BASWEDAN PERBOLEHKAN WARGANYA UNTUK OLAHRAGA DI LUAR RUMAH DENGAN MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN