Kompas TV regional berita daerah

DOB Samarinda Seberang Solusi Percepatan Kesejahteraan Rakyat

Kompas.tv - 6 April 2021, 00:43 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Dr Muhammad Noor yang juga sebagai dekan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, akhirnya berkomentar terkait ramainya rancangan kawasan DOB Samarinda Seberang.

Bahkan kini, isu daerah otonomi baru di kawasan Samarinda Seberang sedang dalam proses pembentukan. 

Tujuannya, untuk pengembangan kota dan potensi daerah, meski harus melalui proses yang panjang.

Hasil kajian sementara, daerah otonomi baru ini dibentuk atas dasar untuk mensejahterakan masyarakat dan melihat potensi yang berada di Samarinda Seberang yang dapat dikembangkan.

Muhammad Noor mengatakan, jika Samarinda Seberang merupakan daerah penopang utama dari Kota Samarinda,pemekaran wilayahnya pun tetap harus memperhatikan dampak terhadap potensi yang terdapat di wilayah induk.

Bahkan, jika pembentukan daerah otonomi baru Samarinda Seberang, juga akan membantu untuk mempercepat mobilitas potensi daerah tersebut.

Namun, prosesnya akan panjang mengingat persyaratan yang harus dipenuhi baik persyaratan wilayah maupun administratif yang masih dalam proses.

Dekan fisip unmul menyebutkan, jika selain persyaratan wilayah juga ditentukan oleh persetujuan pimpinan-pimpinan daerah bersama dengan DPRD yang diseleksi dengan ketat.

Ia berharap persyaratan pemekaran DOB dapat segera terpenuhi dan Samarinda Seberang dapat berkembang bersama-sama dengan Kota Samarinda, sesuai dengan perkiraan yang menjadi salah satu alasan pembentukan rancangan pemekaran daerah otonomi baru.

#DOBSamarindaSeberang#WilayahPemekaran#PotensiDaerah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.