Kompas TV nasional peristiwa

Polisi Dalami Pengakuan 4 Terduga Teroris Soal Perakitan Bom

Senin, 5 April 2021 | 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terkait dengan pengakuan empat terduga teroris yang menyebut nama Habib Husein, Kuasa Hukum Rizieq Shihab Aziz Yanuar menyatakakan jika Habib Husein telah dipecat dari FPI sejak 2017.

Dalam pengakuan yang disampaikan empat terduga teroris kerap mengikuti pengajian yang dipimpin Habib Husein di Condet .

“Ini bukti Husein Hasny sudah dipecat dari FPI dari 2017. Sejak lama FPI mencium ini adalah salah seorang dari banyak garapan operasi intelijen untuk pembusukan FPI dan terbukti saat ini,” ujar Aziz Yanuar melalui pesan singkat kepada KompasTV.

Sebelumnya pada 29 Maret 2021, Husein Hasny ditangkap Densus 88 di Condet, Jakarta Timur.

Selain menangkap, ditemukan juga kartu anggota dan sejumlah atribut FPI.

Bahkan Densus 88 juga menemukan bahan dasar peledak TATP.

Kapolda Metro Jaya menyebut Husein memiliki peran penting yakni sebagai donatur perakitan bom.

Empat terduga teroris yang ditangkap Densus 88 di Jakarta dan Bekasi membuat sejumlah pengakuan soal rencana teror yang akan dilakukan.

Keempat orang tersebut adalah Bambang Setiono, Ahmad Junaidi, Zulaimi Agus, dan Wiloso Jati.

Keempat terduga teroris ini mengaku sebagai simpatisan FPI, organisasi yang telah dibubarkan pemerintah.

Dari pengakuan terduga teroris yang ditangkap di Bekasi dan Jakarta Timur pada penggerebekan pekan lalu, dua terduga menyampaikan adanya rencana teror yang akan dilakukan.

Terduga teroris berencana untuk meledakkan SPBU dengan tuntutan pembebasan Rizieq Shihab.

Pengakuan lainnya disampaikan terduga lain yang menyatakan akan ledakkan industri yang berasal dari Tiongkok.

Salah satu terduga teroris yang ditangkap di Bekasi dan Jakarta bernama Zulaimi Agus menyatakan dirinya belajar merakit bom dari sosial media.

Dalam kesaksiannya Zulaimi menyebut nama Habib Husein.

Penulis : Reny Mardika

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:41
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19