Kompas TV religi beranda islami

Keterbatasan FIsik Bukanlah Penghalang

Kompas.tv - 5 April 2021, 07:51 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Bagi mereka yang memiliki kekurangan baik dalam bentuk fisik maupun penglihatannya bukanlah menjadi penghalang untuk meraih kesuksesan, sebab pada dasarnya mereka juga memiliki hak yang sama dengan mereka yang normal.

Merekapun berhak memperoleh pendidikan, pekerjaan yang layak, dengan segala kemampuan yang mereka miliki. Bahkan tak sedikit diantara teman-teman kita yang tetap sukses dengan keterbatasan fisik yang dimilikinya. Sebab keterbatasan fisik bukanlah penghalang untuk meraih dunia.

Allah Subhanahu wa ta'ala tidak pernah melihat bentuk (fisik) seorang muslim, melainkan Allah melihat hati dan perbuatannya. Seperti disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim,

“Dari Abu Hurairah RA: Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada bentuk dan harta kalian, akan tetapi Allah melihat kepada hati dan perbuatan kalian”. (Shahih Muslim juz 4 hal. 1987 no. 2564 )

Allah berfirman dalam surat Al-Fath ayat 17:

“Tiada dosa atas orang-orang yang buta dan atas orang yang pincang dan atas orang yang sakit (apabila tidak ikut berperang). Dan barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya; niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai dan barang siapa yang berpaling niscaya akan diazab-Nya dengan azab yang pedih.” (Q.S.Al-Fath ayat 17).

Dengan ayat tersebut dijelaskan bahwa al-Qur’an cukup memberikan perlakuan khusus terhadap seseorang yang secara fisik terbatas, namun tetap memiliki lahan ibadah serta kontribusi aktivitas sosial yang luas yang dapat memberikan kemanfaatan terhadap komunitas.

Ayat inilah yang menjadi indikator penghargaan Islam terhadap kelompok yang memiliki keterbatasan fisik. Kemampuan seseorang tidak bisa diukur dengan kesempurnaan fisik, melainkan banyak faktor lain yang turut menentukan.

Wallahu'alam bis shawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.