Kompas TV internasional kompas dunia

22 Polisi Tempur India Tewas Dibantai Pemberontak Maois di Negara Bagian Chhattisgarh

Kompas.tv - 4 April 2021, 21:30 WIB
22-polisi-tempur-india-tewas-dibantai-pemberontak-maois-di-negara-bagian-chhattisgarh
Personel pasukan keamanan membawa jenazah rekan mereka setelah serangan oleh pejuang Maois di Bijapur di negara bagian Chhattisgarh, India, 4 April 2021. (Sumber: Reuters/Stringer)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

RAIPUR, KOMPAS.TV - Sedikitnya 22 anggota pasukan elite polisi tempur India tewas di sebuah negara bagian India tengah oleh pejuang Maois, dalam satu serangan paling berdarah oleh kelompok pemberontak sayap kiri ekstrim tahun ini.

Personel keamanan yang tergabung dalam unit elite Polisi CoBRA dan unit Satuan Tugas Khusus Tempur Polisi India diserang pada hari Sabtu (3/4/2021) di negara bagian Chhattisgarh dalam sebuah operasi antipemberontakan.

"Kami dapat memastikan bahwa 22 anggota pasukan India telah dibunuh oleh pejuang Maois," kata seorang pejabat senior pemerintah di Raipur, ibu kota Chhattisgarh yang kaya mineral, Minggu (4/4/2021).

Mereka tewas dalam baku tembak yang berlangsung selama empat jam di distrik perbatasan Sukma, 540 km selatan Raipur.

Om Prakash Pal, seorang pejabat senior polisi di Raipur, mengatakan operasi penyisiran untuk melacak seorang anggota pasukan keamanan yang hilang sedang dilakukan.

Baca Juga: Pecah Bentrok Militer India dengan Warga Lokal di Kashmir, 1 Orang Luka Tembak

Personel pasukan keamanan berpatroli setelah serangan oleh pejuang Maois di Bijapur di negara bagian Chhattisgarh, India, 4 April 2021. (Sumber: Reuters/Stringer)

Jumlah korban tewas dari aparat keamanan India kali ini adalah yang terbesar bagi India saat memerangi gerilyawan sayap kiri sejak 2017.

Menteri Dalam Negeri Amit Shah mengatakan pemerintah tidak akan menolerir pertumpahan darah seperti itu dan tanggapan yang sesuai akan diberikan untuk mencegah serangan semacam itu.

Maois, juga dikenal sebagai Naxals, telah melancarkan pemberontakan bersenjata terhadap pemerintah selama beberapa dekade.

Para pemimpin kelompok militan sayap kiri garis keras mengatakan mereka berjuang atas nama rakyat yang paling miskin, yang tidak mendapat manfaat dari ledakan kesejahteraan di ekonomi terbesar ketiga di Asia itu.

Sejak 1967, kelompok itu mengendalikan wilayah luas di India tengah dan timur, membentuk apa yang disebut "koridor merah".

Baca Juga: Polisi Myanmar yang Kabur ke India Capai 200 Orang, Enggan Layani Junta Militer Jadi Alasan

Kelompok pemberontak Maois beroperasi dari hutan lebat, dan operasi mereka melawan pemerintah dan pasukan India selalu penuh kerahasiaan. Kelompok tersebut belum mengaku bertanggung jawab atas serangan terbaru itu.

Beberapa jam setelah serangan itu, Perdana Menteri Narendra Modi menulis di Twitter, "Pengorbanan para martir pemberani tidak akan pernah dilupakan. Semoga yang terluka pulih lebih cepat."

Bulan lalu, lima polisi tewas dan beberapa lainnya cedera dalam ledakan yang diduga dilakukan oleh kelompok Maois. Ledakan tersebut diduga serangan Maois yang menargetkan bus yang membawa lebih dari 20 personel keamanan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.