Kompas TV klik360 sinau

Jangan Salah! Ini Beda Istana Negara dan Istana Merdeka

Senin, 5 April 2021 | 19:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ternyata Istana Kepresidenan Jakarta mempunyai dua gedung yang berbeda yaitu Istana Negara dan Istana Merdeka.

Mungkin kalian sering ketuker antara Istana Negara dan Istana Merdeka.Lalu apa bedanya sih Istana Negara dan Istana Merdeka?

Lokasi Istana Negara dan Istana Merdeka berada dalam satu kawasan Istana Kepresidenan. Istana Negara terletak di jalan Veteran dan menghadap ke Sungai Ciliwung. Istana ini membelakangi Istana Merdeka dan dihubungkan oleh halaman tengah. Sementara Istana Merdeka letanya di Jalan Merdeka Utara dan menghadap ke Taman Monas.

Kita bahas dulu Istana Negara ya. Dilansir dari Kementerian Sekretariat Negara, Dari Arsitektur Bangunannya, halaman depan Istana Negara identik dengan kehadiran patung pemanah, air mancur dan dua pohon beringin. Dari tampak depan, arsitektur Istana Negara berbentuk lobi tertutup dengan pilar-pilar yang dihubungkan dengan pagar.

Fungsi dari Istana Negara yaitu biasanya digunakan untuk acaa seperti jamuan makan kenegaraan, pelantikan menteri dan pejabat setingkat menteri, pembukaan musyawarah dan rapat kerja nasional.

Lalu bagaimana dengan Istana Merdeka?

Dari arsitektur bangunan, halaman depan Istana Merdeka identik dengan air mancur dan halaman yang kerap digunakan untuk upacara memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia. Tampak depan arsitektur Istana Merdeka berupa lobi terbuka dengan pilar dan anak tangga di depan. Pada bagian kanan dan kiri lobi, terdapat dua ruangan yang masing-masing memiliki satu jendela.

Sementara untuk fungsinya, Istana Merdeka digunakan untuk acara seperti peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia, penyambutan Tamu Negara dan penyerahan surat-surat kepercayaan duta besar Negara sahabat.

Nah, itu dia seputar Istana Negara dan Istana Merdeka. Udah tahu kan bedanya, jadi jangan salah lagi ya Sahabat KompasTV!

Video Editor: Novaltri Sarelpa
 

Penulis : Sadryna Evanalia





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:04
INGGRIS BERENCANA UNTUK TAK LAGI WAJIBKAN PENGGUNAAN MASKER DI TENGAH PANDEMI COVID-19   MAHKAMAH KONSTITUSI TUNDA PELAKSANAAN SIDANG SELAMA PPKM DARURAT   WALI KOTA ARIEF WISMANSYAH SEBUT PEMKOT TANGERANG AKAN TAMBAH TEMPAT PEMAKAMAN KHUSUS JENAZAH PASIEN COVID-19   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN: PENINGKATAN KASUS COVID-19 MASIH AKAN TERJADI HINGGA 13-14 JULI 2021   KASUS COVID-19 MELONJAK, PRESIDEN JOKOWI: TAK ADA TEMPAT YANG LEBIH BAIK SELAIN DI RUMAH SAJA DAN JAUHI KERUMUNAN   PPKM DARURAT, DITJEN IMIGRASI SEBUT PELAYANAN PASPOR DIHENTIKAN, KECUALI UNTUK KEPERLUAN MENDESAK   WAKIL KETUA DPR SUFMI DASCO AHMAD MEMINTA PENIMBUN OBAT-OBATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DIHUKUM SANGAT BERAT   MULAI HARI INI, PENUMPANG YANG TIBA DI RIAU WAJIB MILIKI SURAT HASIL PCR NEGATIF   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN: PENIMBUN OKSIGEN DAN OBAT UNTUK PERAWATAN COVID-19 AKAN DITINDAK TEGAS   SATGAS KOTA DEPOK SERUKAN HINDARI MAKAN BERSAMA SETELAH COVID-19 VARIAN DELTA DITEMUKAN DI DEPOK    SATGAS KOTA BOGOR TERUS TAMBAH TEMPAT TIDUR PASIEN KORONA GUNA ANTISIPASI LONJAKAN KASUS   AULA MASJID ASSAHARA DI KOMPLEKS KANTOR WALI KOTA JAKBAR DISIAPKAN SEBAGAI LOKASI ISOLASI MANDIRI PASIEN COVID-19   PT KAI DAOP I JAKARTA WAJIBKAN PENGGUNA KERETA API JARAK JAUH MEMILIKI BUKTI KARTU VAKSINASI COVID-19   KANTOR SAMSAT DKI JAKARTA MASIH BEROPERASI NORMAL DI TENGAH PENERAPAN PPKM DARURAT