Kompas TV video sinau

Jangan Salah! Ini Beda Istana Negara dan Istana Merdeka

Kompas.tv - 5 April 2021, 19:55 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ternyata Istana Kepresidenan Jakarta mempunyai dua gedung yang berbeda yaitu Istana Negara dan Istana Merdeka.

Mungkin kalian sering ketuker antara Istana Negara dan Istana Merdeka.Lalu apa bedanya sih Istana Negara dan Istana Merdeka?

Lokasi Istana Negara dan Istana Merdeka berada dalam satu kawasan Istana Kepresidenan. Istana Negara terletak di jalan Veteran dan menghadap ke Sungai Ciliwung. Istana ini membelakangi Istana Merdeka dan dihubungkan oleh halaman tengah. Sementara Istana Merdeka letanya di Jalan Merdeka Utara dan menghadap ke Taman Monas.

Kita bahas dulu Istana Negara ya. Dilansir dari Kementerian Sekretariat Negara, Dari Arsitektur Bangunannya, halaman depan Istana Negara identik dengan kehadiran patung pemanah, air mancur dan dua pohon beringin. Dari tampak depan, arsitektur Istana Negara berbentuk lobi tertutup dengan pilar-pilar yang dihubungkan dengan pagar.

Fungsi dari Istana Negara yaitu biasanya digunakan untuk acaa seperti jamuan makan kenegaraan, pelantikan menteri dan pejabat setingkat menteri, pembukaan musyawarah dan rapat kerja nasional.

Lalu bagaimana dengan Istana Merdeka?

Dari arsitektur bangunan, halaman depan Istana Merdeka identik dengan air mancur dan halaman yang kerap digunakan untuk upacara memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia. Tampak depan arsitektur Istana Merdeka berupa lobi terbuka dengan pilar dan anak tangga di depan. Pada bagian kanan dan kiri lobi, terdapat dua ruangan yang masing-masing memiliki satu jendela.

Sementara untuk fungsinya, Istana Merdeka digunakan untuk acara seperti peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia, penyambutan Tamu Negara dan penyerahan surat-surat kepercayaan duta besar Negara sahabat.

Nah, itu dia seputar Istana Negara dan Istana Merdeka. Udah tahu kan bedanya, jadi jangan salah lagi ya Sahabat KompasTV!

Video Editor: Novaltri Sarelpa
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.