Kompas TV video cerita indonesia

Profil Singkat Kalimantan Timur, Provinsi Terluas Keempat di Indonesia

Kompas.tv - 4 April 2021, 15:56 WIB
Penulis : Gempita Surya

SOLO, KOMPAS.TV – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terletak di paling timur Pulau Kalimantan dan berbatasan dengan negara Malaysia.

Memiliki wilayah seluas 127.346,92 km², Kalimantan Timur menjadi daerah terluas keempat di Indonesia.

Kalimantan Timur secara resmi berdiri sebagai provinsi pada 1 Januari 1957. Wilayah administratif provinsi Kalimantan Timur terdiri dari 7 kabupaten, 3 kota, 103 kecamatan, dan 1.083 desa/kelurahan.

Ibu kota provinsi Kalimantan Timur terletak di Samarinda. Saat ini posisi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim dijabat oleh pasangan Isran Noor dan Hadi Mulyadi.

Menurut Sensus Penduduk tahun 2020, populasi penduduk Kalimantan Timur mencapai 3,76 juta jiwa. Ada lima etnis terbesar dalam masyarakat Kaltim yaitu etnis Jawa, Bugis, Banjar, Kutai, dan Dayak.

Selain itu, Kalimantan Timur juga memiliki dua sungai terpanjang yaitu Sungai Mahakam (membentang sepanjang 920 kilometer) dan Sungai Kelay (membentang sepanjang 254 kilometer).

Dari segi budaya, Rumah Lamin adalah rumah adat Kalimantan Timur yang berbentuk panggung setinggi 2 meter dari tanah dan dihuni 25-30 kepala keluarga.

Senjata tradisional Kalimantan Timur yang paling terkenal yaitu Mandau.(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x