Kompas TV internasional kompas dunia

Bayi dengan Antibodi Covid-19 Lahir di Spanyol, Ibunya Divaksin di Trimester Tiga Kehamilan

Kompas.tv - 4 April 2021, 16:29 WIB
bayi-dengan-antibodi-covid-19-lahir-di-spanyol-ibunya-divaksin-di-trimester-tiga-kehamilan
Ilustrasi bayi baru lahir. Seorang anak laki-laki yang lahir pekan lalu di Pulau Ibiza, Spanyol, menjadi bayi pertama di negara itu yang dilahirkan dengan antibodi COVID-19, setelah sang ibu menerima vaksin pada trimester ketiga kehamilannya. (Sumber: Shutterstock/Kompas.com)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MADRID, KOMPAS.TV - Seorang anak laki-laki yang lahir pekan lalu di Pulau Ibiza, Spanyol, menjadi bayi pertama di negara itu yang dilahirkan dengan antibodi Covid-19, setelah sang ibu menerima vaksin pada trimester ketiga kehamilannya, menurut laporan media lokal yang dilansir Xinhua, Minggu (4/4/2021).

Sampel dari tali pusar bayi yang dianalisis di Rumah Sakit Son Espases di Mallorca itu mengonfirmasi bayi itu telah mengembangkan antibodi Covid-19, seperti dilansir surat kabar Spanyol ABC.

Manuel Grandal Martin, Wakil Direktur Direktorat Rumah Sakit Madrid, mengatakan kepada Xinhua pada Jumat (2/4/2021), bahwa perlindungan yang dimiliki bayi itu sama dengan seseorang yang telah divaksinasi.

"Saat ini, dia terlindungi dengan sempurna, tetapi belum diketahui sampai kapan," kata Grandal.

Baca Juga: Indonesia Menanti Hasil Uji Klinis Vaksin Covid-19 Untuk Anak dan Bayi

Seorang tenaga medis tengah disemprot dengan cairan desinfektan sebelum meninggalkan rumah sakit di Madrid, Spanyol. (Sumber: APTN)

Kasus bayi yang diberi nama Bruno itu adalah bagian dari studi tentang dampak Covid-19 pada ibu hamil. Studi tersebut memantau 88 wanita hamil yang terpapar Covid-19 selama masa kehamilan, termasuk mereka yang tidak menunjukkan gejala.

Para spesialis lain meyakini hasil ini membuka peluang vaksinasi pada wanita hamil untuk menghasilkan imun pada sang ibu dan bayinya, yang menerima antibodi melalui plasenta.

Grandal menjelaskan, sejauh ini informasi tentang efek vaksin terhadap ibu hamil masih kurang, meskipun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hal itu berbahaya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.