Kompas TV klik360 cerita indonesia

Sekilas Mirip, Apa Perbedaan Istana Negara dan Istana Merdeka?

Minggu, 4 April 2021 | 15:26 WIB

SOLO, KOMPAS.TV – Indonesia memiliki sejumlah Istana Kepresidenan yang tersebar di beberapa wilayah untuk memudahkan tugas-tugas presiden.

Meski tampak mirip, masing-masing Istana Kepresidenan seperti Istana Negara dan Istana Merdeka punya ciri khas sendiri.

Lalu, apa perbedaan Istana Negara dan Istana Merdeka?

Baca Juga: Pamerkan Pradesain Garuda Istana Negara, Jokowi: Sarat dengan Filosofi

1. Arsitektur Bangunan

Dari segi arsitektur, tampak depan bangunan Istana Negara berbentuk lobi tertutup dengan pilar-pilar yang dihubungkan dengan pagar.

Sedangkan tampak depan Istana Merdeka berupa lobi terbuka dengan pilar dan anak tangga.

2. Lokasi

Istana Negara terletak di Jalan Veteran dan menghadap ke Sungai Ciliwung.

Sementara Istana Merdeka terletak di Jalan Merdeka Utara dan menghadap ke Taman Monumen Nasional (Monas).

3. Fungsi

Istana Negara berfungsi sebagai kantor Presiden RI untuk kegiatan resmi kepresidenan seperti Jamuan Makan Kenegaraan, Pelantikan Menteri dan Pejabat Setingkat Menteri, hingga Pembukaan Musyawarah dan Rapat Kerja Nasional.

Baca Juga: Banyak Kritikan, Akhirnya Presiden Jokowi Minta Masukan Masyarakat atas Pradesain Istana Negara

Istana Merdeka digunakan untuk acara seperti Peringatan HUT Kemerdekaan RI, Penyambutan Tamu Negara, hingga Penyerahan Surat-Surat Kepercayaan Duta Besar Negara Sahabat.

4. Sejarah

Dilansir dari Kompas.com (2/4/2021), Istana Negara dibangun pada 1796 dan awalnya adalah kediaman milik warga Belanda. Pada 1816, Istana Negara diambil alih Pemerintahan Hindia Belanda sebagai pusat kegiatan pemerintahan.

Dua tahun setelah merdeka, Istana Negara jadi saksi penandatanganan naskah Persetujuan Linggarjati pada 25 Maret 1947.

Sedangkan Istana Merdeka dibangun 1796, awalnya bernama Istana Risjwijk. Di tahun 1879, Istana Risjwijk berubah nama menjadi Istana Gambir.

Setelah merdeka, Presiden Soekarno mengganti nama Istana Gambir menjadi Istana Merdeka, dan menjadi tempat peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1950.(*)

Baca Juga: Jokowi Pamer Pra-Desain Istana Negara di Ibu Kota Baru dan Minta Masukan Masyarakat

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:09
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19