Kompas TV regional kriminal

Viral Video Penyiksaan Satwa Langka Simpai di Sumbar, 6 Pelaku Ditangkap

Kompas.tv - 4 April 2021, 15:03 WIB
viral-video-penyiksaan-satwa-langka-simpai-di-sumbar-6-pelaku-ditangkap
Video viral penyiksaan satwa langka, Simpai di Sumatera Barat (Sumber: instagram.com/jakartaanimalaidnetwork)
Penulis : Dian Nita | Editor : Fadhilah

PADANG, KOMPASTV - Sebuah video memperlihatkan 6 pemuda yang menganiaya seekor Simpai, hewan yang termasuk ke dalam satwa yang dilindungi.

Tanpa diketahui motifnya, pemuda-pemuda tersebut menarik-narik ekor Simpai sampai hewan malang tersebut menjerit-jerit dan masuk ke sungai. Melihat itu, para penyiksa nampak tertawa.

Video tersebut pertama kali diunggah dalam akun Instagram @jakartaanimalaidnetwork pada Kamis (1/1/2021) dan sudah ditonton puluhan ribu pengguna. Beberapa komentarnya mengecam tindakan tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, sejak kejadian tersebut Kepolisian Daerah dan Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) menginvestigasi dan berhasil menangkap para pelaku.

Baca Juga: Geger Video Penyiksaan Monyet Simpai Satwa Langka di Sumatera Barat

Ke-enam pemuda yang berada dalam video tersebut, antara lain, MR (15) pemegang ekor Simpai, HF (32) yang memegang karung, JM (45) dan TPT (16) turut terlihat di lokasi, A (17) sebagai perekam video, serta RM (18) merupakan penyebar video.

Menurut Ade Putra, Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Sumatera Barat, keenam pelaku sudah diamankan.

"Terduga pelakunya sudah kita amankan bersama penyebar videonya kemarin," ungkapnya pada MInggu (4/4/2021).

Setelah dilakukan investigasi, lokasi penganiayaan Simpai tersebut berada di Nagari Tambangan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Para pelaku diduga melanggar Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem serta terancam lima tahun penjara dan denda Rp100 juta.

Baca Juga: Seribu Pedagang di Pasar Porong Sidoarjo Sudah Disuntikan Vaksin Astrazeneca


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.