Kompas TV internasional kompas dunia

Malaysia Punya Prototipe Mobil Listrik 4 Penumpang, Cari Investor Untuk Produksi.

Kompas.tv - 4 April 2021, 01:00 WIB
malaysia-punya-prototipe-mobil-listrik-4-penumpang-cari-investor-untuk-produksi
MyKar, mobil listrik 4 penumpang yang dibangun swasta Malaysia, sedang mencari investor untuk produksi. Mobil itu berdaya jangkau 300km, kecepatan maksimum 140km/jam, dan waktu pengisian baterai hingga penuh hanya 4 jam. (Sumber: Nextrift)
Penulis : Edwin Shri Bimo

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - EV Innovations, perusahaan rintisan kendaraan listrik yang berbasis di Malaysia, berhasil membangun platform mobil listrik 4 penumpang berukuran Honda Jazz, dan menargetkan pasar ASEAN dengan proyek mobil bernama MyKar.

Perusahaan pembuatnya, EV Innovations, baru saja menandatangani Memorandum of Agreement (MOA) dengan Malaysia Automotive, Robotics and IoT Institute (MARii) serta Ingress Corporation Berhad untuk lebih mengembangkan proyek tersebut menjadi kendaraan yang layak jalan.

MOA antara EV Innovations dan MARii adalah untuk proses homologasi dari prototipe EV sebelumnya. Pintu dan suspensi prototipe MyKar diambil dari Jazz, tetapi sasis dan bagian mekanis EV dirancang dan dibuat oleh DNT Auto.

Baca Juga: Volkswagen Buat Mobil Listrik, Diberi Nama Voltswagen

MyKar, mobil listrik 4 penumpang yang dibangun swasta Malaysia, sedang mencari investor untuk produksi. Mobil itu berdaya jangkau 300km, kecepatan maksimum 140km/jam, dan waktu pengisian baterai hingga penuh hanya 4 jam. (Sumber: Nextrift)

Selain itu, lapisan luar dan bodi kendaraan dibuat dengan DK Composites, sedangkan kontrol elektronik, instrumentasi, dan integrasi didasarkan pada teknologi yang dikembangkan oleh System Consultancy Services (SCS).

Perlu dicatat bahwa EV Innovations sebenarnya adalah anak perusahaan dari SCS. Adapun MOA antara EV Innovations dan Ingress Corporation Berhad, adalah untuk pembuatan suku cadang untuk MyKar.

Dengan bergabungnya MARii dan Ingress Corporation, tujuan EV Innovations untuk membangun EV yang "terjangkau, praktis, dan mudah diintegrasikan ke dalam ekosistem otomotif Malaysia saat ini" semakin dekat untuk menjadi kenyataan. 

Saat ini, perusahaan tersebut sedang mencari investor untuk masuk ke tahap produksi dan mengatakan, “terbuka untuk mitra yang ingin mewujudkan impian ini, baik itu mitra strategi kelembagaan, atau investor ritel perorangan yang menginginkan bagian dari impian Malaysia,” seperti yang diungkapkan oleh perusahaan.

Bila target produksi terpenuhi, sangat mungkin harga mobil listrik itu tidak sampai 180 juta rupiah di pasaran Malaysia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pamer Mobil Listrik Patroli Polisi Pertama di Indonesia

Spesifikasi mobil listrik MyKar sendiri cukup menarik:

  • Berat: 1016 KG
  • Paket Baterai: sel 28,7 kWh, 32 Baterai Lithium China Aviation (CALB) lithium-ion phosphate (LiFePO4)
  • Tingkat Pengisian: 6,6 kW
  • Waktu Pengisian: 4,3 jam
  • Jangkauan Perjalanan: 300 KM
  • Kecepatan Maksimum: 140 km / jam


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x