Kompas TV nasional hukum

Merespons Tindakan Teror di Makassar dan Mabes Polri, BEM SI Desak Polisi Usut Tuntas Terorisme

Kompas.tv - 4 April 2021, 00:10 WIB
merespons-tindakan-teror-di-makassar-dan-mabes-polri-bem-si-desak-polisi-usut-tuntas-terorisme
Koordinator BEM SI Remy Hastian menyuarakan penolakan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nofrian Fadli Akbar, Koodinator Pusat Aliansi Badan Eksekutif Seluruh Indonesia (BEM SI), meminta aparat Kepolisian usut tuntas masalah terorisme.

Desakan tersebut didasarkan pada aksi teror yang terjadi di Gereja Katedral Makassar dan penembakan di Mabes Polri beberapa waktu lalu.

"Mendesak agar pihak kepolisian mengusut tuntas hingga ke akar-akarnya terkait permasalahan ini," kata Nofrian melalui keterangan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (3/10/2021).

Baca Juga: BEM SI: Ibu Megawati Terlalu Generalisir Jika Menyebut Sumbangsih Milenial Hanya Demo

Kata Nofrian, dampak dari aksi terorisme sangat besar. Banyaknya korban akibat tindakan teror menjadikan terorisme bukan lagi kejahatan pidana biasa.

Ia menganggap, terorisme merupakan ancaman berbahaya dan tergolong sebagai kejahatan kemanusiaan. Di mana harus ada penanganan serius dari pemerintah.

"Sebuah negara bahkan pemerintahan dunia untuk bekerja sama memutus mata tindak terorisme. Proses penanganan dan pemberantasan terorisme tentunya harus melibatkan semua pihak," ujar dia.

Baca Juga: Istri Kaget dan Tak Percaya Jika Suaminya Terlibat Terorisme

Kerja sama yang dimaksud Nofrian yakni dengan seluruh aparatur negara, baik TNI, Polri, serta masyarakat untuk memberikan pencegahan dan pencerdasan tentang bahayanya terorisme.

Dalam keterangannya, ia juga menegaskan bahwa terorisme tidak ada kaitannya dengan agama tertentu. Sebab tidak ada agama yang mengajarkan umatnya menyakiti lebih lagi menumpahkan darah orang lain.

"Mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar untuk mencegah terjadinya aksi terorisme," terangnya.

BEM SI juga meminta aparat Kepolisian agar selalu menjaga dan menciptakan rasa aman untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Polisi: 2 Terduga Teroris Anggota JI dan JAD

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.