Kompas TV regional agama

Polda Maluku Kerahkan Brimob untuk Mengamankan Gereja di Kota Ambon Jelang Ibadah Paskah

Kompas.tv - 3 April 2021, 22:15 WIB
polda-maluku-kerahkan-brimob-untuk-mengamankan-gereja-di-kota-ambon-jelang-ibadah-paskah
Sejumlah personel Brimob Polda Sulteng bersenjata lengkap bersiaga di RS Bhayangkara Palu menunggu kedatangan jenazah korban kontak tembak, Rabu (3/3/2021). (Sumber: TRIBUNPALU.COM/SUTA)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Hariyanto Kurniawan

MALUKU, KOMPAS.TV - Untuk mengamankan sejumlah gereja di Kota Ambon jelang ibadah Paskah, aparat Brimob Polda Maluku dikerahkan.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat menjelaskan, pengamanan di sejumlah gereja menjelang pelaksanaan ibadah Paskah untuk menjamin keamanan bagi umat kristiani saat beribadah.

"Penempatan personel Brimob di gereja-gereja ini untuk menjamin keamanan jemaat saat beribadah. Jadi, kami ingin memastikan ibadah Paskah berjalan dengan aman dan lancar tanpa ada gangguan apapun," kata Roem, seperti dilansir dari Kompas.com, Sabtu (3/4/2021).

Baca Juga: Jaga Pesisir Pantai Lantamal IX Ambon Tanam Mangrove

Sejak Kamis kemarin, anggota Brimob bersenjata lengkap sudah dikerahkan dan semakin dipertebal menjelang puncak ibadah Paskah yang akan berlangsung pada Minggu (4/4/2021) pagi nanti.

"Malah sehari sebelumnya anggota Gegana telah melakukan sterilisasi di gereja-gereja," kata Roem.  

Beberapa gereja di Kota Ambon yang dijaga ketat aparat Brimob Polda Maluku adalah Gereja Katedral Ambon, Gereja Marantha, Gereja Silo, Gereja Rehoboth dan sejumlah gereja lainnya.

Baca Juga: Pantau Pengamanan Ibadah Malam Paskah, Kapolri Pastikan Keadaan Aman

Selain berpatroli di jalan-jalan kota, puluhan personel Brimob pun mendatangi sejumlah gereja dan memantau kesiapan pelaksanaan ibadah Paskah.

Wakil Komandan Detasemen Gegana AKP Deny Sandera mengatakan, patroli yang dilakukan personel Gegana Polda Maluku bertujuan untuk mengingatkan pihak gereja agar tetap waspada tapi tidak perlu takut menjalankan ibadah.

“Imbauan yang telah diberikan setidaknya bisa memberikan pemahaman bagi para jemaat dan warga mengenai pentingnya keikutsertaan masyarakat untuk menjaga kamtibmas salah satunya dengan toleransi,” ujarnya.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x